Terbaik! Kota Gorontalo Terima Penghargaan Dalam Penerapan Reformasi Birokrasi dari Kemenpan RI

Terbaik! Kota Gorontalo Terima Penghargaan Dalam Penerapan Reformasi Birokrasi dari Kemenpan RI

22/04/2021 20:25 0 By Yadin

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menerima penghargaan.

Hulondalo.id – Pemerintah Kota Gorontalo menjadi salah satu daerah terbaik menerapkan reformasi birokrasi berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dari hasil penilian itu, pemerintah Kota Gorontalo diberikan piagam penghargaan atas prestasi dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, dengan berpredikat B yang diserahkan oleh Menpan RB Cahjo di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, prestasi ini akan memicu motivasi pemerintah kota Gorontalo untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Karena reformasi biroktasi merupakan aspek yang sangat mempengaruhi tata kelola pemerintahan dikota Gorontalo,” ucap Marten.

Marten juga turut menghaturkan terima kasih kepada Menpan RB yang telah memberikan penilaiam terhadap pelaksanakan reformasi birokrasi secara selektif.
Menurutnya, penilaian yang dilakukan kemenpan RB menempatkan Kota Gorontalo menjadi daerah tertinggi di Provinsi Gorontalo.

Proses penilaian reformasi birokrasi Kemenpan RB menggunakan sistem pelaporan aplikasi. Menurut Kepala bagian Organisasi, Ramjan Datunsolang, ada 8 area perubahan yang menjadi dasar penilaian pelaksanaan reformasi birokrasi.

“Melingkupi manajemen perubahan, deregulasi kebijakan, penataan kelembagaan, pelayanan, manajemen pelayanan, pengawasan, akuntabilitas dan perencanan,” jelasnya.

Sedikit memberikan tips, Ramjan Datunsolang menyebutkan, bahwa kunci pencapaian tersebut pihaknya menggukan metode penilaian mandiri sebelum berkasnya dikirim Kemenpan.

“Bersama inspektorat kita melakukan penilaian mandiri, dengan melibatkan OPD terkait yang di 8 area perubahan. Dan yang mengangkat point kita reformasi birokrasi telah tersosialisasikan sampai ke tingkat kecamatan,” ungkapnya. (Inkri/Adv)