Terima Rp. 600 Ribu Selama 4 Bulan, Warga Gorontalo Utara Bisa Manfaatkan Program Ini

Terima Rp. 600 Ribu Selama 4 Bulan, Warga Gorontalo Utara Bisa Manfaatkan Program Ini

29/05/2020 07:29 0 By Maman

Baliho berukuran besar, diantara sosialisasi yang dilakukan Dinas Transnaker Gorontalo Utara bagi masyarakat terkait program Kartu Pra Kerja.

Hulondalo.id – Kepala Dinas Transnaker Gorontalo Utara Efendi Mobilingo, mengajak masyarakat Gorontalo Utara untuk memanfaatkan program Kartu Pra Kerja. Program ini kata dia, dapat dimanfaatkan ditengah pandemi Covid-19.

Ditemui hulondalo.id diruang kerjanya Kamis (28/5/2020), Efendi mengatakan, ini merupakan program nasional dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Pendaftarannya kata dia, sudah dibuka sejak Maret 2020.

Efendi mengatakan, program ini bukan lagi melalui Menteri Tenaga Kerja, namun menjadi tanggung jawab Menteri Koordinator Perekonomian. Dana yang akan diterima setelah mendaftar, Rp. 600 Ribu setiap bulan selama 4 bulan.

Sosialisasi program ini, intens dilakukan dengan mendatangi setiap kecamatan. Mengingat kondisi saat ini tidak bisa mengumpulkan masyarakat untuk bersosialisasi. Baliho ukuran besar kata dia, sudah dipasang, namun sepertinya belum membuat masyarakat tertarik.

Pendaftaran Kartu Pra Kerja ini, akan dilakukan hingga 39 gelombang, dan akan berakhir pada November minggu ke 4.

“Saya mau ini, dimanfaatkan masyarakat,” ujarnya.

Namun Efendi mengakui, mekanisme pendaftarannya menjadi persoalan. Koordinasi dengan Pemprov Gorontalo sudah dilakukan, untuk mengetahui berapa jumlah masyarakat Gorontalo Utara yang mendaftar.

“Ternyata tidak bisa dipantau,” imbuhnya.

Oleh Pemprov Gorontalo kata Efendi lagi, karena proses pendaftaran sulit untuk diakses masyarakat tertentu, maka solusinya dilakukan secara manual dengan mengirim data pekerja informal yang terdampak kurang lebih 2395 orang. Pemprov Gorontalo kemudian menyampaikannya lagi ke kementerian terkait.

Catatan yang dimilikinya, sejak April 2020, kurang lebih 20 orang sudah terdaftar. Namun sulit dideteksi. Persoalan dilapangan lagi kata dia, karena sistemnya digital, tentu signalnya harus stabil, punya smartphone, juga tentu menguasai IT.

“Jika ada kendala boleh langsung ke kantor Dinas Transnaker Gorontalo Utara, kami akan memfasilitasi, komunikasi juga sudah dilakukan dengan Dinas Kominfo untuk menambah bandwidth untuk mengakses website Kartu Pra Kerja,” kata Efendi.

Disamping itu lanjut Efendi, ada data yang dikirim masyarakat yang di PHK dari perusahaan. Data tersebut menyebut, PHK terjadi pada bulan Februari hingga April. Ada yang terjadi sebelum pandemi Covid-19. (Prin/Adv)