Terkait Hasil Pilkades, Syarifudin: Masyarakat Bisa Menggugat ke PTUN

Terkait Hasil Pilkades, Syarifudin: Masyarakat Bisa Menggugat ke PTUN

27/04/2021 06:21 0 By Maman

RDP DPRD Kab Gorontalo Pilkades

Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo menggelar RPD menindaklanjuti aksi massa dari Desa Hutabohu Limboto Barat terkait Pilkades. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Masyarakat bisa melakukan gugatan, terhadap hasil pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Gorontalo. Gugatan dimaksud bisa melalui PTUN.

Senin (26/4/2021), massa dari Desa Hutabohu Limboto Barat melakukan aksi demo di kantor DPRD Kabupaten Gorontalo. Aksi ini ditindaklanjuti Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo dengan melakukan RDP.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, Syarifudin Bano mengatakan, apa yang dilakukan masyarakat, sebagai bentuk kepedulian terhadap pelaksanaan pilkades di masing-masing desa.

Syarifudin juga mengatakan, masyarakat punya waktu 1 minggu, jika ada yang ingin melakukan gugatan.

“Kita berikan waktu satu minggu ketika ada yang ingin menggugat ke PTUN, dan berikan informasi itu kepada kita,” kata Syarifudin.

Bila laporan tersebut sudah diterima, maka pihaknya kata Syarifudin, akan mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo, agar menunda pelantikan Kades terpilih.

Sebaliknya, bila tak ada informasi dari masyarakat kata dia, pihaknya akan mendorong Pemerintah Kabupaten Gorontalo segera melakukan pelantikan terhadap 89 Kepala Desa terpilih.

Sebagaimana diketahui pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 6 Mei 2021 mendatang.

“Usulan penundaan itu dalam konteks jika ada yang menggugat terkait pelaksanaan Pilkades ke PTUN, saat ini baru dua desa yang melakukan itu yakni, Desa Moahudu dan Hutabohu,” tandas Syarifudin. (Pin/Adv)