Terkait Status RS ZUS, Dorong Penerbitan Perbup UPTD

Terkait Status RS ZUS, Dorong Penerbitan Perbup UPTD

07/01/2021 20:44 0 By Syakir

Rapat terkait status RS Zus, yang dipimpin Wabup Thariq Modanggu di ruang kerjanya, Kamis (07/01/2021). (f.istimewa)

Hulondalo.id – Pembahasan status Rumah Sakit dr. Zainal Umar Sidiki (RS ZUS), melahirkan sedikit 9 poin penting, yang salah satunya adalah mendorong percepatan rancangan peraturan bupati tentang Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

“Terkait dengan pembahasan status RS Zus hari ini ada 9 poin yang dihasilkan. Salah satunya adalah upaya mempercepat pengurusan ijin rumah sakit, dan perampungan kajian menuju Badan layanan masyarakat Umum Daerah,” jelas Wabup Gorontalo Utara Thariq Modanggu, Kamis (7/1/2021).

Dalam 9 poin itu lanjut Thariq, ada 4 hal mendasar terkait pembahasan status RS Zus. Diantaranya adalah mendorong adanya Audit internal oleh inspektorat, kaitan dengan struktur organisasi rumah sakit, serta percepatan ranperbup UPTD.

Wabup juga berharap, persoalan rumah sakit tidak hanya dilihat satu organisasi yang otonom mengurus dirinya sendiri, masalah rumah sakit juga bukan hanya masalah direktur dan Stafnya, namun masalah rumah sakit itu adalah masalah pemerintah daerah.

“Karena ini berkaitan dengan urusan wajib dasar pemerintah daerah yang diberi oleh negara untuk mengurusi rakyat, rumah sakit ini adalah instrumen utama dari urusan wajib dasar yaitu pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” tukasnya

Sehingganya kata Wabup lagi, penyelesaiannya diharapkan tidak lagi parsial, soal kepegawaian, anggaran, fasilitas semua adalah tanggung jawab seluruh OPD yang terkait dengan rumah sakit. (Prin/Adv)