Terobosan PUDAM Gorontalo Utara, Gustam: Harus Disosialisasikan

Terobosan PUDAM Gorontalo Utara, Gustam: Harus Disosialisasikan

02/09/2021 17:13 0 By Maman

Gustam Ismail

Anggota DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail.

Hulondalo.id – Anggota Komisi II DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail meminta, layanan baru PUDAM Gorontalo Utara berupa aplikasi Mobile Loket Pencatatan Meter Digital Dan Billing Sistem, penting untuk disosialisasikan pada masyarakat.

Sosialisasi kata Gustam, agar masyarakat memahami tujuan dan fungsi aplikasi tersebut.

“Ini harus disosialisasikan, karena biasanya masyarakat itu kaget dengan dengan hal-hal yang baru,” tuturnya.

Gustam juga mengakui, ini terobosan yang dilakukan PUDAM. Jika aplikasi tersebut dapat menguntungkan bagi daerah dan masyarakat, maka tentu DPRD sangat mengapresiasi.

Apalagi kata Gustam, jika pencatatan meter sudah dilakukan dengan cara digital, akan menghilangkan hal-hal yang tidak diinginkan dilapangan, seperti manipulasi catatan meter pelanggan.

“Hal itu bisa merugikan masyarakat, ini juga bisa meningkatkan pendapatan asli daerah,” ujarnya, Kamis (2/9/2021).

Sementara itu, Plh. Direktur PUDAM, PT. Tirta Gerbang Emas Gorontalo Utara, Pamli Mayango mengatakan, keuntungan masyarakat dari apliaplikasi mobile loket tersebut, tidak ada lagi kesalahan dalam pencatatan meter.

“Misalnya pencatatan meter itu hanya 10, tapi karena ingin memain-mainkan huruf muncul 20, akhirnya jumlah yang dibayar naik, padahal dimeterannya tidak seperti itu,” jelasnya.

Keuntungan bagi PUDAM kata Pamli, sebelumnya pencatatan meter manual, ketika kembali ke kantor dibuatkan KPR. Sekarang tidak lagi. Karena begitu di foto meteran air, otomatis sistem yang bekerja dan keluar rekening.

Sosialisasi kata Pamli, dilakukan secara langsung door to door, baik oleh pembaca meter maupun pihak penagih.

“Insya Allah, setelah pembenahan, kami akan melakukan kerja sama dengan swasta seperti Alfamart dan Indomaret, kantor pos terkait pembayaran, agar pelanggan lebih mudah lagi dan tidak harus ke loket,” imbuhnya. (Prin/Adv)