Tetap Dirumah! Festival Apangi di Kelurahan Dembe 1 Kota Gorontalo Ditiadakan

Tetap Dirumah! Festival Apangi di Kelurahan Dembe 1 Kota Gorontalo Ditiadakan

18/08/2021 17:14 0 By Maman

Walikota Marten Diwawancarai (2)

Walikota Gorontalo, Marten Taha saat diwawancarai usai Rapat Paripurna DPRD Kota Gorontalo. (F.Inkri)

Hulondalo.id – Festival Apangi di Kelurahan Dembe I, Kota Barat Kota Gorontalo ditiadakan pelaksanaanya tahun ini. Walikota Gorontalo, Marten Taha mengatakan, ditiadakannya festival tersebut mengacu Instruksi Mendagri No. 32 tahun 2021. Terdapat poin yang mengatur, belum mengizinkan kegiatan seni dan budaya yang mengumpulkan banyak orang.

Walikota juga mengatakan, kegiatan ini harus mendapatkan izin dari Kesbangpol Provinsi Gorontalo. Kalau tidak diizinkan, tentu perayaannya izinnya tidak keluar.

“Saya menyarankan, kegiatan ini dilaksanakan secara virtual untuk menjaga tradisi ini,” ungkapnya, saat dikonfirmasi, Rabu (18/8/2021).

Sementara itu, Lurah Dembe I, Adriyun Katili mengatakan, ini kali kedua ditiadakan festival tersebut.Alasannya, masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Adriyun juga mengatakan, ditiadakannya festival ini sudah sesuai Instruksi Mendagri dan edaran Walikota, terkait dengan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Di Kota Gorontalo juga kata dia, masih penerapan PPKM hingga 23 Agustus 2021.

“Kita mengimbau kepada masyarakat, kalau tetap melakukannya dan mempertahankan tradisinya, silakan hanya keluarga inti yang ada di rumah, tidak mengundang dari luar Kelurahan Dembe I,” ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, saat ini kelurahan Dembe I dipantau oleh Kepolisian sejak kemarin. Lebih lanjut kata Adriyun, kerjasama sudah dilakukan dengan LPM, Karang Taruna untuk mengedukasi masyarakat, tidak menggelar festival ini.

Terpisah, Sekretaris Karang Taruna Otanaha, Fazrul Simbuka berharap, masyarakat Kelurahan Dembe 1 maupun masyarakat umum diluar, agar bisa memahami kondisi yang masih terdampak akan penyebaran virus Corona.

“Ini juga untuk kepentingan kita bersama. Alasan kami tidak melaksanakan festival, karena penyebaran covid 19 di Kota Gorontalo sangat tinggi, apalagi Kota Gorontalo sudah menerapkan PPKM Level 3. Ini menjadi tolak ukur kita bersama untuk tidak melaksanakan Festival Apangi di tahun ini,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, masih ada tahun depan dan tahun-tahun berikutnya untuk melaksanakan Festival Apangi, yang sudah menjadi tradisi maupun budaya tersendiri untuk masyarakat Kelurahan Dembe 1 maupun masyarakat umum. (Inkri/Adv/Hulondalo.id)