TGR Gorontalo Utara Capai Rp. 641 Juta, Sekda: Kami Beri Waktu 2 Bulan

08/11/2019 14:48 0 By Maman

Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin memimpin Sidang MP TP-TGR Gorontalo Utara. (hms)

Hulondalo.id- Tuntutan Ganti Rugi (TGR) mencapai Rp. 641 Juta. Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin mengatakan, masih ada waktu selama dua bulan untuk mengembalikan uang tersebut.

Besaran angka TGR ini, terungkap usai Sekda memimpin Sidang Majelis Pertimbangan Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (MP TP-TGR), dilingkup Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (7/11/2019).

22 orang dituntut dalam sidang tersebut, dengan jumlah tuntutan sekitar Rp. 641 Juta. Sekda juga mengatakan, yang baru bisa dikembalikan, Rp. 8 jutaan. Selebihnya kata dia, berjanji akan dikembalikan pekan depan hingga dua bulan kedepan.

“Ada yang diangsur, juga dikembalikan sekaligus utuh, sesuai tuntutan dimasing-masing pihak,” kata Sekda.

Sikap tegas kata Sekda, akan diterapkan pada pengembalian TGR ini, jika ada yang cenderung mengabaikan TGR tersebut.

Bukan tak mungkin kata Sekda, rekomendasi ke pihak berwajib, akan dilakukan jika hingga batas waktu pengembalian tak dilakukan. Batas waktu menurutnya, dihitung dua bulan sejak Kamis (7/11/2019).

Adapun mereka yang terlibat dan bertanggung jawab penuh terkait TGR ini, antara lain merupakan pihak ketiga. Dilingkup internal Pemkab Gorontalo Utara kata dia, juga terkait jabatan yang dipegang seperti, KPA dan PPTK.

“Mereka juga ikut bertanggung jawab, namun yang dibebankan untuk ganti rugi adalah pihak ketiga,” ungkap Sekda.

Sekda juga mengatakan, jika ada pihak ketiga yang sudah mengembalikan TGR tersebut, maka peluang untuk tetap berlanjutnya kerjasama dengan pemerintah daerah, terbuka. Namun, jika yang terjadi sebaliknya, maka akan diblacklist.

“Kami akan tegas, peluang untuk berlanjut kerjasama tergantung sikap dari pihak ketiga,” tambah Sekda.

Panglima ASN Gorontalo Utara ini berharap, yang terjadi saat ini, tidak akan terulang lagi dimasa mendatang. Agar kata dia, seluruh program kegiatan berjalan dengan baik.

Sementara itu, sidang yang digelar di Aula Kantor Inspektorat Daerah (ITDA) Gorontalo Utara ini, juga dihadiri Wakil-wakil Ketua Sidang masing-masing, Asisten I Suleman Lakoro, Asisten II Thamrin Yusuf, Kaban Keuangan Husin Halidi dan Kepala Inspektorat Sjamsul Bahri Pou. (man/adv)