Tiba di Gorontalo, Menteri PPN/Bappenas Disambut Adat Mopotilolo

09/11/2019 14:42 0 By Alex

Menteri PPN/Bappenas RI Suharso Monoarfa saat disambut secara adat Gorontalo di bandara Djalaludin Gorontalo, Sabtu (9/11/2019).(F. Salman/Humas)

Hulondalo.id – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Nasional (PPN/Bappenas) RI Suharso Monoarfa disambut secara adat Mopotilolo di Bandara Djalaludin Gorontalo, Sabtu, (9/11/2019).

Mopotilolo sendiri merupakan upacara adat Gorontalo untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di bumi Serambi Madinah. Meski ayah ibunya berdarah Gorontalo, namun ini merupakan kunjungan perdana Suharso ke kampung halaman usai dilantik oleh Presiden Jokowi.

Penyambutan dilaksanakan oleh para pemangku adat U Duluwo Limo Lo Pohalaa (dewan adat dari lima negeri adat Gorontalo).

Mopotilolo diawali dengan penyambutan Kepala Bappenas di pintu gerbang adat menuju ruangan VIP terminal lama Bandara Djalaludin Gorontalo. Penyambutan yang dihadiri oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu diiringi tabuhan genderang adat dan tarian Longgo atau tarian perang Gorontalo.

Setibanya di ruangan VIP, prosesi Mopotilolo dimulai dengan penyerahan persembahan adat kepada Menteri yang dilanjutkan dengan jamuan teh dan kue tradisional Gorontalo.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat menerima adat Mopotilolo dari seorang pemangku adat Gorontalo di ruangan VIP Bandara Djalaludin, Sabtu, (9/11/2019). (F. Salman/humas)

Prosesi Mopotilolo dilanjutkan dengan pengucapan petuah adat dan diakhiri dengan pembacaan doa untuk memohon keselamatan dan kesehatan kepada Menteri dan rombongan selama diamanatkan tugas negara.

Rencananya Menteri PPN/Bappenas akan menuju Rumah Dinas Gubernur. Tidak tanggung tanggung Gubernur Rusli Habibie menghadirkan 2.500 masyarakat dan pegawai pemerintah untuk bertatap muka langsung dengan menteri.

Suharso Monoarfa yang juga menjabat Ketua Umum PPP sebelumnya pernah menjabat anggota DPR RI. Terakhir Suharso dipercaya sebagai Angggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) sebelum dilantik menjadi menteri.(adv/alex)