Tidak Ada yang Salah Dalam Rekrutmen Pegawai di RS Ainun

22/09/2019 23:03 0 By admin

Information Centre di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie

Hulondalo.id – Kasak kusuk dugaan main mata pada rekrutmen pegawai di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie atau lebih dikenal dengan RSUD Ainun, tidak benar. Justru tahapan rekrutmen dilakukan secara prosedural. Kata Kasubag Tata Usaha Olis Bakari.

Olis menjelaskan, sejatinya proses rekrutmen pegawai di RS Ainun ada tiga tahap. Nah, di tahap satu dan dua, pihak manajemen mengumumkannya secara terbuka, karena yang akan direkrut jumlahnya mencapai ratusan pegawai.

Di tahap tiga, rekrutmen diakuinya tidak lagi terbuka, karena selain jumlah pegawai yang dibutuhkan sedikit, itu juga hanya untuk pemenuhan kebutuhan rumah sakit tipe C.

“Untuk rekrutmen kemarin hanya sedikit. Hanya 40an orang yang kami rekrut untuk pemenuhan tenaga di beberapa bidang,” papar Olis.

Karena butuhnya cuman sedikit, maka pihak rumah sakit hanya memberitahukan kembali kepada pelamar yang sebelumnya sudah pernah diseleksi. Nah, dari dua kali proses rekrutmen tercatat ada 1000 pelamar yang memasukkan berkas di RS Ainun.

Karena rekrutmen ini terbatas, sehingga tidak disampaikan secara umum melalui media. Melainkan melalui pengumuman di rumah sakit dan peserta ujian yang sebelumnya pernah diseleksi oleh RS Ainun.

“Kami tidak ingin mengecewakan peserta. Mereka sibuk urus ini dan itu, kemudian tidak lulus. Kita mengambil opsi untuk peserta rekrutmen sebelumnya yang sudah kita ketahui nilai mereka dan sudah pernah melakukan seleksi,” imbuhnya.

Olis menjelaskan proses rekrumen di RS Ainun sendiri terdapat empat tahapan. Pertama, Pencarian tenaga kerja melalui job advertisement. Kedua, Pencarian tenaga kerja melalui Walkin interview. Walkin interview dilakukan dengan mengunjugi institusi pendidikan dan mencari secara aktif calon pegawai di institusi tersebut.

Ketiga, Proses seleksi pegawai. Proses seleksi adalah proses pemilihan pegawai melalui berbagai metode, pdiantaranya Seleksi lamaran kerja yang masuk, pemanggilan calon, wawancara / Interview kepada calon, Psikotest. Keempat baru penetapan hasil seleksi pegawai. (rinto/hl)

loading...