Tiga Kali Penuhi Pangilan Bawaslu, Nelson Maafkan Pelapor

Tiga Kali Penuhi Pangilan Bawaslu, Nelson Maafkan Pelapor

06/10/2020 16:50 0 By Maman

Cabup Gorontalo, Nelson Pomalingo memberikan penjelasan usai diperiksa Bawaslu Kabupaten Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Cabup Gorontalo, Nelson Pomalingo kembali memenuhi panggilan Bawaslu Kabupaten Gorontalo. Kali ini, Nelson dimintai keterangan terkait laporan tentang mutasi yang dilakukan Nelson beberapa bulan lalu.

Mutasi dimaksud berupa, penggantian pejabat di Dinas Dukcapil dan Direktur RSUD MM Dunda Limboto. Dalam pemeriksaan ini, Nelson dicecar sekitar 20 pertanyaan dari pukul 10.00 WITA hingga 11.43 WITA.

Nelson menegaskan bahwa, dirinya tidak melakukan mutasi. Yang bersangkutan kata dia, merupakan Plh dan Plt. Artinya, yang bersangkutan punya jabatan.

“Mutasi itu pindah kesini dan kesini, tapi, yang bersangkutan ada jabatan dan mereka hanya berikan tugas tambahan, jadi, saya tegaskan tidak ada mutasi, ini sesuai dengan undang-undang nomor 10 tahun 2016 pasal 71 ayat 2,” tegas Nelson, Selasa (6/10/2020).

Nelson juga menegaskan, untuk jabatan Plt dan Plh tidak harus minta izin dari Kementerian. Sebab yang harus minta izin itu, untuk jabatan definitif. Intinya kata dia, apa yang dilakukannya telah sesuai dengan aturan.

Cabup petahana ini menambahkan, lima tahun lalu saat mengikuti Pilkada, dirinya merasa enjoy. Berbeda saat ini, sebagai petahana banyak laporan. Tapi kata Nelson, ini resiko petahana apalagi yang sudah banyak bekerja.

“Jika tidak berkerja, maka tidak ada laporan, saya juga tak akan melapor balik, saya memaafkan pelapor,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Kabupaten Gorontalo, Wahyudin Akili mengatakan,  beberapa pihak terkait telah diperiksa dan dimintai klarifikasi, tentang mutasi yang dilakukan oleh Nelson Pomalingo.

“Tujuh orang sudah kami mintakan klarifikasi termasuk KPU Kabupaten Gorontalo,” ujar Wahyudin. (Opin)