Tim Pemantau TPS Dibekali, Wabup Amin Ingatkan Soal Ini

Tim Pemantau TPS Dibekali, Wabup Amin Ingatkan Soal Ini

15/04/2019 19:11 0 By Yadin

Tampak, Wabup Amin sedang memberikan arahan bagi tim pemantau TPS. (f.iwan/hms)

Hulondalo.id – Wakil Bupati Pohuwato Amin Haras membuka kegiatan pembekalan Tim Pemantau TPS Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019, Senin (15/4/2019) di Gedung Panua Kantor Bupati.

Menurut Amin, penyelenggaraan Pemilu serentak ini perlu dilakukan pengawasan secara bersama. “Penyelenggaraan Pemilu serentak yang baru kali ini dilaksanakan perlu dilakukan pengawasan secara bersama sehingga Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Anggota Legislatif DPRD Kabupaten, Provinsi, DPR RI, DPD RI dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” harap Amin didampingi Kepala Kesbangpol Hikman Katohidar.

Untuk pemungutan suara kata wabup, bisa  memakan waktu yang panjang. “Untuk pencoblosan saja minimal 5 menit per orang dan itu waktu normal. Belum lagi jika yang mencoblos ini orang tua (Lansia) maka bisa diprediksi lebih. Bisa saja batas waktu yang ditentukan pada pukul 13.00 bisa lebih dan alhamdlillah telah banyak TPS yang ada. Namun penghitungan suara kemungkinan sampai Shubuh karena banyaknya yang dihitung,” terangnya.

“Penyelenggaraan ini membuat kita harus mempersiapkan dan kita sukseskan pemilihan serentak pada tahun ini. Sehingga itu Pemda merekrut bapak dan ibu yang diharapkan bisa membantu Pemda untuk kelancaran dari pada penyelenggaraan Pilpres dan Pileg. Bapak dan ibu akan diberi tanggungjawab, karena waktu Pemilu yang bisa diprediksi sampai pagi besoknya, atau 18 April maka diminta kesiapannya. Tugas saudara membantu Pemda melakukan pencatatan sampai pada penghitungan suara. Disisi lain saudara juga memantau kondisi yang ada di TPS, jika ada yang terjadi sekiranya dapat dilaporkan ke pemerintah daerah,” jelas wabup. (dhin)