Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Tulungagung Beraksi, Tak Ada Kompromi

Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Tulungagung Beraksi, Tak Ada Kompromi

18/09/2020 20:36 0 By Maman

Suasana sidang ditempat bagi pelanggar protokol kesehatan di Tulungagung. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan Tulungagung mulai beraksi. Tim gabungan, terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, Kejaksaan dan Pengadilan Negeri Tulungagung tak kompromi lagi kepada pelanggar protokol kesehatan, seperti tidak memakai masker.

Sanksi ini bagian dari implementasi Inpres Nomor 6 Tahun 2020, dan Pergub Jatim Nomor 53 Tahun 2020, yang kemudian ditindaklanjuti dengan Perbub Tulungagung Nomor 57 Tahun 2020. Sidang ditempat dan sanksi bayar denda merupakan rangkaian Operasi Yustisi, yang digelar di Seputaran Alon-alon depan Gedung DPRD Tulungagung. Jum’at (18/09/2020).

Kepala Kejaksaan Negeri Tulungagung, Anshari mengatakan, bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan atau tidak membawa dan tidak memakai masker, dikenakan denda sebesar Rp25 ribu.

“Dasar penindakan hari ini sesuai dengan Perda, Pergub Jatim dan Perbup Tulungagung yang masuk kategori tipiring, pelanggar prokes langsung dieksekusi sidangnya oleh jaksa dan hakim ditempat, dengan langsung membayar denda sebesar Rp25 ribu,” kata Anshari.

Operasi serupa kata dia, akan terus dilaksanakan secara rutin dan berpindah tempat. Uang denda yang dibayarkan oleh pelanggar, sepenuhnya akan masuk kas daerah.

Sementara itu, Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, tidak ada lagi kompromi kepada setiap pelanggar protokol kesehatan, dalam operasi yustisi ini. Penindakan kata dia, dilakukan melalui sidang ditempat sekaligus pembayaran denda.

Sosialisasi kata Kapolres juga, sudah dilakukan sebelum-sebelumnya kepada setiap pelanggar protokol kesehatan, baik itu teguran lisan dan sanksi sosial. (Sururi)