Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi 3 Surveyor Kehutanan di Hutan Pohuwato

Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi 3 Surveyor Kehutanan di Hutan Pohuwato

19/03/2020 21:38 0 By Alex

Salah satu surveyor kehutanan saat berhasil dievakuasi Tim SAR Gabungan di Basecamp Desa Lembah Permai, Kecamatan Wanggarasi, Kabupaten Pohuwato, Kamis (19/3/2020).

Hulondalo.id – Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 3 surveyor kehutanan yang sempat dinyatakan tersesat di kawasan hutan Desa Lembah Permai, Kecamatan Wanggarasi, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Kamis (19/3/2020).

Adapun 3 surveyor kehutanan tersebut masing masing Sabri Djafar, Mohamad Indra Tuna dan Sandi S Pakaya. Mereka dievakuasi Tim SAR Gabungan menggunakan rakit karena sudah sangat kelelahan.

“Mereka sudah berhasil dievakuasi ke basecamp kawasan hutan Desa Lembah Permai,” ujar Kepala Basarnas Gorontalo Djefry DT Mewo.

Pada saat evakuasi tersebut, diketahui salah seorang surveyor kehutanan, Sandi Pakaya, tidak mampu lagi melanjutkan perjalanan karena sudah sangat kelelahan. Sandi pun ditemani Sabri Djafar dan Indra Tuna sembari menunggu datangnya tim evakuasi.

Sebelumnya, tim surveyor kehutanan yang terdiri dari 16 orang ini melakukan survey area pertambangan di kawasan hutan Kabupaten Pohuwato, pada 10 Maret 2020.

Namun 7 hari kemudian saat tim surveyor kehutanan telah selesai bertugas dan bersiap kembali, perbekalan mereka ternyata sudah habis. Dari 9 orang di antaranya, memutuskan pulang lebih dahulu dan tiba di basecamp Desa Lembah Permai.

Dari situlah mereka menginformasikan bahwa masih ada 7 orang lagi yang masih tertinggal di kawasan hutan karena sudah sangat kelelahan serta dalam kondisi kehabisan perbekalan.

Saat itulah, Tim SAR gabungan pun bergerak. Alhasil, 4 dari 7 orang tersebut berhasil ditemukan pada, Rabu (18/3/2020). Mereka masing-masing Rizki Zulfitri Ishak, Sjahrir Umar, Irwan Hulubangga, dan Didik Pratama Karim.

Kemudian, hari ini 3 orang lainnya berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

Tim SAR Gabungan saat melakukan upaya evakuasi terhadap 3 surveyor kehutanan di kawasan hutan Pohuwato.

“Berkat kerja Tim SAR Gabungan, yang terdiri dari Tim Rescue Pos SAR Marisa 6 personel, BPBD Pohuwato 4 personel, Brimob Polda Gorontalo 3 personel, Dinas Kehutanan 8 personel, Dinas Kesehatan Pohuwato 1 personel dan dibantu masyarakat, para korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat,” tandas Djefry.(Alex)