Tinggal Tunggu Juknis, THR PNS Boalemo Cair, Begini Besarannya

Tinggal Tunggu Juknis, THR PNS Boalemo Cair, Begini Besarannya

12/05/2020 04:15 0 By Editor

Ilustrasi

Hulondalo.id – Kabar tunjangan hari raya (THR) atau gaji 14 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Boalemo mulai ada titik terang. Untuk pembayarannya, kini tinggal menunggu edaran petunjuk teknis (Juknis) dari Kementerian Keuangan RI.

Itu disampaikan Kepala BKAD Kabupaten Boalemo, Sofyan Hasan STp melalui Kabid Anggaran dan Perbendaharaan, Roni Domili SE diwawancarai Hulondalo.id, Senin (11/5/2020).

Menurut Roni, porsi anggaran THR sudah tersedia dalam APBD Kabupaten Boalemo tahun 2020 melalui item belanja pegawai.

Besaran alokasinya mencapai Rp. 13.938.111.543 dengan jumlah pegawai tercatat 3.173 orang.

“Biasanya pembayaran THR paling lambat 10 hari sebelum lebaran. Saat ini, kami masih menunggu Juknis dari Kemenkeu RI. Begitu Juknis diterima, saat itu juga pencairan diproses,” ungkap Roni Domili.

Juknis itu kata Roni, jadi pijakan atau dasar utama pembayaran. Sebab, edarannya mengatur besaran THR. Apakah mengacu besaran gaji satu bulan sebelumnya.

“Begitu juga, pembayarannya apakah termasuk tunjangan melekat dalam jabatan atau hanya gaji pokok saja,” tambah Roni.

Ditanya soal instruksi pemerintah pusat enggan membayar THR pejabat negara, eselon I dan II ditengah pandemi Covid-19?. Roni enggan mau berspekulasi.

Sebab, itu baru akan diketahui dari penjelasan Juknis diterbitkan Kemenkeu RI nanti.

Lantas bagaimana dengan gaji 13 PNS? Menanggapi itu, Roni kembali mengaku masih menunggu edaran dari pusat. Mengingat, gaji 13 baru akan dibayarkan jelang tahun ajaran baru atau biasanya sekitar bulan Juli.

“Yang pasti anggaran gaji 13 juga sudah ada dalam APBD tahun 2020. Itu juga menunggu Juknis dari Kemenkeu RI,” kunci Roni Domili.(Narto/Adv)