Tinggalkan PKB, Partai Golkar Beralih Dukung Rijanto-Marhaenis

Tinggalkan PKB, Partai Golkar Beralih Dukung Rijanto-Marhaenis

03/09/2020 16:06 0 By Maman

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Blitar Suswati dan Calon Bupati petahana, Rijanto saat menerima rekomendasi di DPD Partai Golkar Provinsi Jawa Timur. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Partai Golkar akhirnya memutuskan untuk mendukungan pasangan calon (paslon) Rijanto-Marhaenis. Padahal sebelumnya, partai ini sempat diisukan akan berkoalisi dengan PKB, mengusung paslon Munib-Niko.

Dikonfirmasi via telepon, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Blitar, Suswati membenarkan sikap Partai Golkar di Pilkada Kabupaten Blitar. DPP Partai Golkar kata dia, punya pertimbangan dalam menerbitkan rekomendasi ini.

“Tidak mungkin partai Golkar mengikuti langkah PKB yang mengusung paslon Mak Rini-Santoso, sebab pasangan ini tidak melalui penjaringan di Partai Golkar, sedangkan pasangan incumbent ini mendaftar melalui Partai Golkar,” kata Suswati, Kamis (3/9/2020).

Dalam penjaringan yang dilakukan Partai Golkar kurun waktu empat bulan terakhir kata dia, memuat beberapa paslon yang mendaftarkan diri. Paslon ini diusulkan DPD Golkar Kabupaten Blitar ke DPP Pusat yakni, Abdul Munib-Niko, Abdul Azis-Risyad dan Rijanto-Marhaenis.

Surat dukungan untuk paslon Rijanto-Marhaenis kata Suswati lagi, sudah diterima Ketua DPD Golkar Provinsi Jatim dan selanjutnya diserahkan ke Rijanto.

Suswati juga mengakui, sebelumnya Partai Golkar hampir dipastikan berkoalisi dengan PKB, mengusung paslon Munib-Niko. Namun kemudian berubah setelah PKB memberikan dukungan kepada paslon Mak Rini-HR Santoso.

Bergabungnya Partai Golkar, makin memperkuat barisan pemenangan Rijanto-Marhaenis menjelang dibukanya pendaftaran di KPU tanggal 4-6 September 2020. Pasangan petahana ini, kini didukung oleh 5 partai politik dengan jumlah 32 kursi di legislatif. (SA)