Tingkatkan Kapasitas Satgas SPIP, Itda Gelar Workshop

Tingkatkan Kapasitas Satgas SPIP, Itda Gelar Workshop

08/04/2019 11:56 0 By Yadin

Tampak, Wabup Amin tengah memberikan arahan kepada para peserta. (f.iwan/hms)

Hulondalo.id – Untuk meningkatkan kapasitas Satgas SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) dalam melaksanakan tugas, Inspektorat Daerah (Itda) Pohuwato menggelar Workshop penyusunan Rencana Tindak Pengendalian (RTP) Implementasi Aplikasi System Information Risk Management Risk Based Internal Audit (SIRRBIA) yang dibuka Wakil Bupati Amin Haras Senin (8/4/2019) di Aula Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Gorontalo.

Workshop ini dijelaskan Wabup Amin adalah salah satu upaya Pemda Pohuwato membangun pemerintah yang baik, bersih dan berwibawa yakni dengan meningkatkan pengawasan internal yang sinergi di lingkungan pemerintah. Dimana sistem pengendalian intern sangat penting dan harus dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan ASN untuk memberi keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi yang efektif dan efisien atas laporan keuangan.

“Untuk mendukung lancarnya pelaksanaan SPIP dalam hal penyusunan RTP, maka diperlukan adanya aplikasi yang diharapkan dapat membantu masing-masing dinas dan badan. Semoga Sirrbia merupakan langkah otomatisasi untuk menunjang penerapan manajemen risiko dan audit internal berbasis risiko. Dengan aplikasi ini diharapkan Pemda dapat melakukan risiko, perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan audit internal berbasis risiko secara berkelanjutan, terintegrasi dan didukung oleh pemantauan otomatis,” jelas wabup.

Sebelumnya Boediman Sujono dalam laporannya menambahkan, kegiatan yang diikuti 81 orang peserta dari Satgas SPIP Perangkat Daerah, Satgas SPIP Kabupaten Pohuwato serta Kasubag Perencanaan/Keuangan berlangsung 4 hari dari tanggal 8-11 April dengan menghadirkan narasumber dari BPKP masing-masing Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Supriyadi, Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabiitas Pemerintah Daerah Glenn Davius Siwu, Auidtor Madya Arief Hidayat, Auditor Pertama BPKP Carlo Rivelacio dan Arco Priyo Dirgantoro.

Selain meningkatkan kapasitas, workshop ini juga bertujuan untuk memudahkan Satgas SPIP Perangkat Daerah melakukan pemilahan resiko-resiko yang terjadi dan dapat mengantisipasi secepatnya. (dhin)