Tingkatkan Produksi, 7 Kelompok Tani di Kota Blitar Terima Bantuan Alsintan

Tingkatkan Produksi, 7 Kelompok Tani di Kota Blitar Terima Bantuan Alsintan

02/09/2020 16:20 0 By Maman

Walikota Blitar, Santoso menyerahkan bantuan alsintan untuk 7 kelompok tani di Kota Blitar. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – 7 Kelompok Tani di Kota Blitar, menerima bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan). Bantuan yang diserahkan Walikota Blitar, Santoso ini antara lain, hand traktor, hand sprayer dan pompa air.

Bertempat di Kampung Belimbing Karangsari Kelurahan Karangsari Kecamatan Sukorejo Kota Blitar, bantuan alsintan ini kata Walikota, merupakan program APBN dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI.

Walikota berharap, produksi pertanian dan produk olahan akan semakin meningkat dengan diterimanya bantuan tersebut. Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kota Blitar juga diminta Walikota, mengatur penggunaan alat-alat tersebut kepada anggotanya.

“Gunakan dan rawat bersama-sama, untuk sementara pompa air masih satu kecamatan yang menerima, untuk kecamatan yang lain mohon bersabar menunggu koordinasi Dinas Pertanian dan Pangan dengan Kementan untuk pemenuhannya, petani saat ini dalam posisi berat ditengah pandemi corona dan kemunduran ekonomi saat ini,” kata Walikota, Rabu (02/09/2020).

Walikota juga mengatakan, Dinas Pertanian dan Pangan Kota Blitar, agar mengakomodir kebutuhan petani. Dengan begitu kata dia, sistem produksi pertanian serta produk olahannya, dapat dibantu baik itu dari penyediaan benih dan pupuk serta penjualan hasilnya.

“Agar petani kita sejahtera dan ketahanan pangan khususnya Kota Blitar dapat terpenuhi, bantuan alat-alat ini juga, para petani dapat mendiversifikasi tananman pertaniannya hingga bisa menghasilkan produk pertanian yang lebih banyak.

Alsintan yang diserahkan saat itu masing-masing, 3 unit hand traktor, 10 unit hand sprayer, dan pompa air 1 unit. (Anang/Adv)