Tinjau Tiga Pelabuhan, Wabup Thariq: Data Orang & Barang Lebih Detail

Tinjau Tiga Pelabuhan, Wabup Thariq: Data Orang & Barang Lebih Detail

02/04/2020 23:49 0 By Maman

Wabup Gorontalo Utara Thariq Modanggu mengecek langsung upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di tiga pelabuhan yang ada di Gorontalo Utara. (hms)

Hulondalo.id – Data di tiga pelabuhan yang juga merupakan pintu masuk di Gorontalo Utara, diminta Wabup Gorontalo Utara Thariq Modanggu lebih detail. Baik itu data orang maupun barang.

“Tiga lokasi kita kunjungi, Pelabuhan Anggrek, PLTU Anggrek, dan Pelabuhan Kwandang, intinya satu bahwa kita bisa mengawasi, memperoleh data detail soal orang dan barang yang masuk ke Gorontalo melalui Gorontalo Utara,” ungkap Wabup, Kamis (2/4/2020).

Data orang dimaksud, baik itu data ABK dan data buruh. Untuk mendapatkan data yang lebih detail, sebuah format juga dibawa olehnya saat itu, sekaligus mengevaluasi format yang telah dipakai selama ini.

“Ternyata format yang ada selama ini, masih gelondongan disampaikan ke provinsi, untuk gugus tugas Gorontalo Utara, kami minta yang detail bukan hanya jumlah total,” ujar Wabup.

Adalah penting kata dia, data yang dirangkum lebih detail. Misalnya data ABK, tidak hanya jumlahnya, kapan kapal tiba, dan ada gambaran soal suhu tubuh serta kondisi kesehatan tubuh.

Begitu juga terhadap data buruh. Setiap aktivitas mereka kata Wabup, harus ada gambaran datanya secara mendetail.

“Sehingga, kedepan jika ada gejala kita bisa melacak riwayat kontak, tapi kalau yang ada hanya jumlah total, itu agak susah, susah kita memantau pergerakannya kemana, dia berkontak dengan siapa,” jelas Wabup.

Waktu kedatangan kapal juga diminta olehnya, benar-benar dipantau, baik itu kapal barang, kapal pengangkut batubara dan lainnya. Pergerakan kapal ini, sesuai penyampaian Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, terus dipantau.

Khusus Pelabuhan Kwandang kata Wabup, karena itu merupakan pelabuhan penumpang, dan hingga kini belum ditutup, maka harus lebih ketat lagi SOP-nya.

Jika sebelumnya hanya berupa format manifest atau daftar penumpang, pelabuhan awal, pelabuhan akhir, maka kata Wabup, sejak sekarang penting dalam data tersebut, memuat alamat maupun tujuan penumpang.

“Suhu tubuh tidak menjamin segala-galanya, kita tidak tahu kalau dia bukan penderita tapi dia pembawa covid-19 ini, kita berharap meski pelabuhan kwandang belum ditutup, prosedur yang dijalankan semakin ketat,” tegas Wabup. (Prin/Adv)