TNI AL Kerahkan Kapal Perang, Jangkau Vaksinasi Masyarakat Pesisir

TNI AL Kerahkan Kapal Perang, Jangkau Vaksinasi Masyarakat Pesisir

30/08/2021 18:22 0 By Syakir

KAL Limboto 1-8-33

Hulondalo.id – Merangsang warga untuk ikut vaksinasi, rencananya TNI AL (Lanal) Gorontalo akan mengerahkan Kapal Angkatan Laut (KAL) Limboto 1-8-33. Sasarannya adalah warga pesisir.

“Kita menyasar masyarakat pesisir dan para nelayan untuk melaksanakan vaksinasi. Kita membantu percepatan vaksinasi dari pemerintah,” kata, Danlanal Gorontalo Letkol Laut (P) Homa Sugama dalam rapat forkopimda, Senin (30/8/2021).

Sebagai langkah awal, pihaknya berencana melayarkan KAL Limboto 1-8-33 ke dermaga di Kecamatan Paguat, Kabupaten Pohuwato, Selasa besok. Kapal ini juga diharapkan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi siswa sekolah yang ingin melihat dari dekat alutsista kebanggaan Lanal Gorontalo.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyambut baik rencana tersebut. Keterlibatan semua elemen pemerintah sangat penting agar program vaksinasi bisa berjalan lancar.

“Kami menyambut baik. Bahkan kalau perlu, saya ingin ke sana untuk melihat dari dekat bagaimana proses vaksinasi berjalan,” tandasnya.

Sementara itu, menurut informasi, Kapal patroli Limboto 1-8-33 merupakan jenis KAL KAMLA dengan spesifikasi panjang 29 m dan lebar 5,85 m. Memiliki bobot penuh 70 ton dengan kecepatan maksimal 29 knot dan ekonomis 18 knot. (alex)