Toko Non Sembako yang Memaksa Buka, Bakal Disiram Pemadam?

Toko Non Sembako yang Memaksa Buka, Bakal Disiram Pemadam?

21/05/2020 21:50 0 By admin

sumber: terkini.id

Hulondalo.id – Kendati jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Provinsi Gorontalo mengalami penambahan signifikan beberapa hari terakhir, tidak menyurutkan niat warga untuk menyerbu pusat pusat perbelanjaan, untuk berburu baju lebaran. Jangankan jaga jarak, tak sedikit warga enggan menggunakan masker.

Pemerintah pun bersiap mengambil tindakan tegas, terlebih saat ini tengah dalam pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid 2. Belum tahu langkah tegas apa yang disiapkan, konon toko non pangan yang kedapatan bukan sepekan kedepan, akan diguyur oleh mobil pemdam, seperti yang dilakukan di Sulawesi Selatan.

“Tidak, tidak sampai seperti itu,” kata Sudarman Samad, Kepala Dinas Satpol PP Linmas dan Kebakaran Provinsi Gorontalo, saat dikonfirmasi.

“Kita lakukan dengan kemunikasi persuasif, sehingga tidak sampai pakai mobil pemadam,” imbuh mantan kabag Humas Biro Setda Provinsi Gorontalo tersebut.

Jika toko ditutup, bagaimana dengan nasib karyawan yang dirumahkan? Nah, solusinya Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengeluarkan kebijakan, setiap karyawan yang terdampak dengan kebijakan itu, akan diberi bantuan bahan pangn pokok bersubsidi. Sehingga mereka tak perlu khawatir, dapur berhenti mengepul.

Selain menutup pusat perbelanjaan, pemerintah Provinsi Gorontalo juga bersepakat untuk tidak menggelar sholat Idul Fitri secara berjamaah di Masjid ataupun lapangan. Masyarakat diimbau sholat di rumah masing-masing. (man)