Tolak Upaya Pelemahan KPK, KNPI Provinsi Gorontalo Tagih Janji Presiden

Tolak Upaya Pelemahan KPK, KNPI Provinsi Gorontalo Tagih Janji Presiden

07/09/2019 10:38 0 By Syakir

Pembacaan pernyataan sikap KNPI Provinsi Gorontalo bersama penggiat anti korupsi, yang menolak pelemahan KPK, Jumat (6/9/2019).

Hulondalo.id – Pengajuan RUU KPK oleh DPR RI, dianggap hanya akan melemahkan posisi komisi anti rasuah itu.

Jumat (6/9/2019), KNPI Provinsi Gorontalo kembali menyampaikan pernyataan sikapnya, yang intinya menolak upaya pelemahan Komisi Anti Korupsi (KPK), dalam bentuk apapun.

Ada lima poin penting yang dibacakan Jupri Saksi, pengurus KNPI Provinsi Gorontalo yang juga penggiat anti korupsi.

Pertama, Menolak segala upaya pelemahan terhadap KPK. Kedua, meminta pihak terkait mengeluarkan RUU KPK dari Prolegnas Skala Prioritas 2019, karena tidak sesuai dengan UU Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan

Ketiga, meminta Presiden RI Joko Widodo agar tidak menghadiri atau mengirim perwakilan pemerintah dalam pembahasan revisi UU KPK ke depan

Keempat, meminta pihak terkait menunda revisi RUU KPK karena berpotensi melemahkan kerja-kerja pemberantasan korupsi di Indonesia.

Kelima, mereka juga menagih komitmen Presiden Jokowi agar menjalankan khittah Nawa Cita, yang menyatakan negara tidak boleh absen dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi dan menguatkan lembaga penegak hukum guna mewujudkan Indonesia bebas korupsi.

Selain Jupri Saksi, pembacaan pernyataan sikap itu dihadiri juga oleh Sekretaris KNPI Provinsi Gorontalo, Novaliansyah Abdussamad bersama para akativis muda lainnya. (jono)