Tradisi ‘Cuci Kaki’, Ratusan Warga Mamuya Sambut Joel-Said di Tonamalangi

Tradisi ‘Cuci Kaki’, Ratusan Warga Mamuya Sambut Joel-Said di Tonamalangi

01/10/2020 13:31 0 By Maman

Paslon Bupati dan Wabup Halmahera Utara nomor urut 2, Joel Wogono dan Said Badjak (JOS) saat menghadiri tradisi cuci kaki di Desa Mamuya. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Ratusan warga Desa Mamuya menyambut paslon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara, nomor urut 2 Joel Wogono dan Said Badjak (JOS), saat akan mengikuti prosesi adat ‘Cuci Kaki’ sebelum memasuki masa kampanye, Kamis (01/10/2020).

Salah seorang warga, Hasni mengaku bangga dan terharu, melihat prosesi adat ini. Menurut dia, sebelum memasuki tahapan Pilkada, baiknya paslon melewati prosesi ini dulu. Alasannya, salah satu kearifan lokal ini, kini jarang dilakukan.

“Prosesi adat ini memiliki makna, ketika terpilih nanti, pelayanan kepada masyarakat akan berjalan dengan baik, jadi, disitulah pengabdian mereka ditunjukkan,” kata Maria, warga lainnya sambil menggerakkan badannya mengikuti dendang musik khas Hibualamo yaitu, Cakalele.

Anti, warga lainnya kepada media ini mengatakan, sejak lama Halmahera Utara sangat menjunjung kearifan lokal. Sebab itu, budaya semacam ini teruslah dipertahankan. Apalagi kata dia, Joel Wogono dan Said Bajak akan melangkah ke jenjang tertinggi, Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara.

“Mereka diibaratkan seperti pemimpin yang mampu mengayomi seluruh masyarakat,” kata Anti sembari melemparkan senyum dan mengacungkan dua jari.

Sekedar informasi, Joel dan Said setelah menghadiri prosesi adat ini, dilanjutkan dengan berkunjung ke Gedung Hibualamo di Kota Tobelo. (AT)