Tulungagung Raih WTP yang ke 8, Bupati: Bukti Komitmen Pemerintahan yang Bersih

Tulungagung Raih WTP yang ke 8, Bupati: Bukti Komitmen Pemerintahan yang Bersih

20/10/2020 15:42 0 By Maman

Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo menerima penghargaan opini WTP dari BPK RI yang diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. (foto:hms)

Hulondalo.id – Kegembiraan kembali dirasakan oleh jajaran Pemkab Tulungagung. Laporan keuangan tahun 2019, kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Penghargaan ini diserahkan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo.

Maryoto mengaku bangga lantaran opini WTP ini merupakan yang ke 8 kalinya diperoleh. Prestasi ini menurutnya, menunjukan bahwa Kabupaten Tulungagung terus berbenah dan memacu diri untuk menjadi lebih baik dalam tata kelola keuangan. Ini juga kata dia, bukti atas komitmennya dalam menciptakan pemerintahan yang bersih dan bisa dipertanggungjawabkan.

Maryoto juga mengungkapkan, dari sekian kabupaten/kota, Kabupaten Tulungagung termasuk salah satu daerah yang mendapatkan penghargaan dari Kemenkeu atas capaian WTP ini.

“Indikator keberhasilan dari predikat WTP ini, adanya sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sesuai akuntabilitas keuangan, yang telah ditentukan,” ungkapnya, Selasa (20/10/2020).

Keberhasilan WTP ini juga diakuinya, adanya sinergitas yang tinggi antara eksekutif dan legislatif, dalam mendorong akuntabilitas pelaporan keuangan daerah. Dia berharap, capaian ini menjadi pemicu semangat jajarannya untuk bekerja lebih profesional lagi, mempertahankan WTP ditahun berikutnya.

Sementara itu, penghargaan opini WTP ini diterima Bupati disela acara Rapat Koordinasi Ketertiban dan Keamanan di Wilayah Provinsi Jawa Timur, dalam mewujudkan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang tertib, aman, damai dan lancar di masa pandemi Covid-19 di Grandcity Surabaya, Senin (19/10/2020). (Sururi)