Tuntaskan Penyakit TB di Gorontalo Utara, Ini yang Dilakukan Bupati Indra

Tuntaskan Penyakit TB di Gorontalo Utara, Ini yang Dilakukan Bupati Indra

07/06/2021 21:35 0 By Maman

Seminar Penyakit TB Bupati Indra dan UNG

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin menghadiri Seminar Pendahuluan Kajian Lingkungan Tempat Tinggal dan Perilaku Penderita Tuberkulosis (TB) Paru Pada Masyarakat Pesisir Di Gorontalo Utara. (foto:hms)

Hulondalo.id – Penelitian yang dilakukan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) tentang, kajian lingkungan tempat tinggal dan perilaku penderita Tuberkulosis (TB) paru pada masyarakat pesisir di Gorontalo Utara, diharapkan bisa melahirkan solusi dan rekomendasi kepada pemerintah daerah.

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengatakan, TB merupakan penyakit yang bisa dikatakan masuk dalam 10 besar penyakit, yang menyebabkan kematian bagi manusia. Pengobatannya lanjut dia, bisa bertahun-tahun dan harus diberikan perhatian khusus.

Olehnya kata Bupati, pemerintah daerah melakukan kerja sama dengan UNG, untuk mencarikan solusi. Diantaranya kata Bupati, solusi lingkungan yang ditempati oleh masyarakat terutama di daerah pesisir, termasuk untuk sementara waktu salah satunya juga karena padatnya penduduk.

“Saya ingin mendapatkan informasi penyebabnya apa saja, setelah itu langkah apa yang harus dilakukan, dan kami berharap dari seminar ini ada rekomendasi dari peneliti kepada pemerintah daerah,” kata Bupati,  usai membuka kegiatan seminar tersebut di Manna Bakery And Cafe Jln.Taman Bunga Madu Kota Timur Kota Gorontalo, Senin (7/6/2021).

“Sehingga, pemerintah daerah bisa melakukan intervensi, apa yang harus dilakukan, dan penyakit ini kita bisa cegah di Gorontalo Utara,” tambahnya.

Informasi yang diperolehnya kata Bupati, ada sekitar 100 lebih penderita TB di Gorontalo Utara. Olehnya lanjut Bupati, pemerintah daerah ingin menuntaskan penyakit tersebut, melalui pengobatan yang rutin, termasuk apa yang dilakukan dari tenaga medis.

“Informasi ingin saya sampaikan, ada dua penyakit yang sudah dituntaskan, yaitu, malaria dan kaki gajah, saya ingin TB juga begitu,” ujar Bupati. (Prin/Adv)