Tuntutan Masyarakat Monano Direspon, Pemkab Gorontalo Utara Terbitkan Rekomendasi

Tuntutan Masyarakat Monano Direspon, Pemkab Gorontalo Utara Terbitkan Rekomendasi

07/10/2020 22:21 0 By Maman

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu mengikuti pertemuan menindak lanjut tuntutan masyarakat Monano. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pemkab Gorontalo Utara menerbitkan rekomendasi menindaklanjuti tuntutan masyarakat Desa Monano yang sebelumnya diduga, di PHK oleh dua perusahaan di Kecamatan Monano.

“Dinas Tenaga Kerja telah menghadirkan pihak perusahaan dan juga dewan pengawas provinsi termasuk Camat dan Kepala Desa, hasilnya ada dua, pertama, tanggapan perusahaan dan pemerintah terhadap tuntutan itu,” ungkap Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu.

Lima tuntutan yang disampaikan masyarakat pada pertemuan tersebut kata Wabup, juga memperoleh tanggapan dengan jumlah yang sama, baik itu dari perusahaan maupun pemerintah daerah.

“Poin kedua yang diperoleh dari pertemuan itu, diterbitkannya rekomendasi,” ujar Wabup di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gorontalo Utara, Rabu (7/10/2020).

Wabup menambahkan, setelah rekomendasi tersebut, akan ada pertemuan sosialisasi untuk menyampaikan hasil pertemuan dan informasi kepada masyarakat Monano. Agar kata Wabup, hasil yang telah dicapai bisa didengar langsung oleh masyarakat Monano.

Adapun rekomendasi yang diterbitkan :

  1. Pemerintah daerah dan masyarakat Gorontalo Utara sangat mendukung tumbuh kembangnya iklim investasi di Kabupaten Gorontalo Utara termasuk keberlangsungan PT. Gorontalo Panel Lestari dan PT. Mitra Citra Permata.
  2. Gorontalo Panel Lestari dan PT. Mitra Citra Permata, pada kondisi normal dan produksi yang sudah berjalan akan mempekerjakan Tenaga Kerja Lokal, lebih khusus Tenaga Kerja yang telah mengundurkan diri, sesuai kompetensi dan mengacu kepada ketentuan undang-undang ketenagakerjaan.
  3. Kepada masyarakat dan Pemerintahan Desa Terkait penyelesaian hubungan industrial antara pemberi kerja dan pekerja harus diselesaikan sesuai ketentuan dan mekanisme yang ada, sesuai yang di atur dalam UU No 2 Tahun 2004 Tentang penyelesaian perselisihan hubungan industrial dan Permenaker No 31 Tahun 2008 Tentang Pedoman penyelesaian Hubungan Industrial.
  4. Untuk menjaga keberlangsungan dan kelestarian lingkungan maka diharapkan kepada PT. Gorontalo Panel Lestari dan PT. Mitra Citra Permata dalam proses pembangunan sarana dan prasarana pabrik maupun proses produksi dapat memperhatikan kaidah-kaidah lingkungan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
  5. Dinas terkait dalam hal ini Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja dan Dinas Lingkungan Hidup Bersama dinas penanaman modal, ESDM dan transmigrasi Provinsi Gorontalo melakukan pembinaan dan monitoring Secara periodik maupun insidentil,
  6. Pemerintah Kecamatan Monano dan Desa Monano senantiasa berkoordinasi dengan Dinas terkait dalam menanggapi masalah-masalah yang berkaitan dengan perusahaan.

(Prin/Adv)