Ujian Nasional SMA/SMK Dihilangkan, Sofyan: Kompetensi Lulusan Ditentukan Sekolah

Ujian Nasional SMA/SMK Dihilangkan, Sofyan: Kompetensi Lulusan Ditentukan Sekolah

03/05/2021 14:46 0 By Maman

DPRD Prov Gorontalo Dinas Dikbudpora

Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Sofyan Puhi saat mengadakan kunjungan ke Dinas Dikbudpora Provinsi Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Sofyan Puhi mengatakan, kelulusan siswa SMA/SMK tahun 2021, ditentukan oleh masing-masing sekolah. Ini dilakukan karena Ujian Nasional (UN) yang sebelumnya menentukan kelulusan siswa, dihilangkan ditingkat nasional, termasuk di Provinsi Gorontalo.

“Kompetensi lulusan dan kualitas ujiannya ditentukan dan diserahkan kepada pihak sekolah,” ungkap Sofyan, Senin (3/5/2021).

Pandemi Covid-19 kata Sofyan, membuat ada beberapa kebijakan termasuk bagi para siswa. Termasuk kata Sofyan, ujian yang digelar sekolah dan kelulusannya ditentukan oleh sekolah.

Politisi Partai Nasdem ini juga meminta, agar dunia pendidikan di Gorontalo selalu menjaga kualitas dan kelulusan siswa di Gorontalo. Sebab, hasil kelulusan ini akan bersaing dengan perguruan tinggi, jika kualitas kelulusan rendah akan sulit untuk bersaing.

“Hakekat ujian disekolah itu adalah mengukur keberhasilan proses belajar-mengajar, bukan lulus atau tidaknya,” bebernya.

Sofyan juga mengatakan, terkait pelaksanaan sekolah tatap muka, menunggu hasil rapat koordinasi yang dilakukan dan diserahkan disetiap wilayah masing-masing.

“Saat ini kita sementara menyelesaikan vaksinasi Guru, setelah itu menunggu kebijakan OPD terkait dan Gubernur Gorontalo,” ujarnya. (Inkri/Adv)