Ultimatum Warkop yang Langgar Protokol Kesehatan, Kapolres Bonebol: Saya Bubarkan!

Ultimatum Warkop yang Langgar Protokol Kesehatan, Kapolres Bonebol: Saya Bubarkan!

20/11/2020 20:15 0 By Alex

Kapolres Bone Bolango

Kapolres Bone Bolango AKBP Suka Irawanto SIK MSi

Hulondalo.id – Jajaran Polres Bone Bolango tidak akan segan-segan lagi menindak tegas kepada pemilik tempat usaha atau penanggung jawab sebuah acara yang nyata-nyata tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Warkop-warkop (warung kopi) atau acara apa pun yang tidak menerapkan protokol kesehatan, akan kita bubarkan sebagai sanksi atas kelalaian terhadap protokol kesehatan,” tegas Kapolres Bone Bolango, AKBP Suka Irawanto SIK MSi, Jumat (20/11/2020).

Penegakan protokol kesehatan sejatinya telah diatur melalui Inpres Nomor 6 Tahun 2020, Maklumat Kapolri hingga Pergub Nomor Nomor 41 Tahun 2020.

Belakangan ada juga Perda Provinsi Gorontalo Nomor 4 Tahun 2020 dan Perbup Bone Bolango Nomor 40 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyebaran Covid 19.

Ditegaskan AKBP Suka Irawanto, bahwa menerapkan protokol kesehatan seharusnya sudah menjadi kewajiban karena sebelumnya telah disosialisasikan kepada masyarakat.

Olehnya, kali ini tidak ada lagi pertanyaan-pertanyaan ketika suatu waktu ada aparat yang melaksanakan tugas pembubaran suatu acara maupun tempat usaha seperti warkop, yang dianggap tidak menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi, para pemilik warkop, atau pihak panitia yang akan menggelar acara, wajib menandatangani surat pernyataan. Dan ketika di lapangan tidak memenuhi protokol kesehatan, mereka harus bersedia untuk dibubarkan. Mereka harus tahu konsekuensinya,” tegas AKBP Suka Irawanto.

Pihaknya juga akan menindaklanjuti bilamana ada informasi dari masyarakat tentang adanya suatu kerumunan yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Sekalipun itu pelanggar protokol kesehatan tidak lain adalah anak buahnya sendiri.

“Ketika kami terima laporan tidak sesuai protokol kesehatan, saya langsung datangi, saya tidak akan tinggal diam. Itu pun jika ada anggota saya (melanggar), langsung saya tegur,” tandasnya.(Alex)