Umrah Ditangguhkan, Haji Tunggu Pemberitahuan Resmi Arab Saudi

Umrah Ditangguhkan, Haji Tunggu Pemberitahuan Resmi Arab Saudi

06/03/2020 21:15 0 By admin

Suasana ibadah Umrah di Mekkah, sebelum penangguhan oleh pemerintah Arab Saudi, akibat virus corona. (F. Yadin)

Hulondalo.id – Tak hanya Indonesia, wabah virus corona atau co-vid 19 terus menyebar ke beberapa negara, tak terkecuali Arab Saudi. Kebijakan pemerintah Arab Saudi untuk menutup sementara aktivitas ibadah Umrah, dikhawatirkan berdampak pada penundaan haji 2020.

“Penundaan ini bersifat temporer atau sementara. Ini berlaku untuk penduduk di Arab Saudi atau pun mereka yang datang berkunjung dari luar,” ujar wakil pemerintah Arab Saudi yang disiarkan beberapa kantor berita asing, Kamis (5/3/2020).

Tidak hanya itu, ditutupnya akses tersebut dikhawatirkan berdampak ditundanya pelaksanaan haji tahun 2020. Pemerintah Arab Saudi mengklaim masih menimbang hal tersebut melihat perkembangan wabah virus corona di berbagai negara.

Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo Mahmud Bobihu saat dikonfirmasi hulondalo.id mengatakan, pihaknya masih menunggu informasi resmi dari pemerintah Arab Saudi.

“Kabar yang beredar katanya mau ditutup selama 1 tahun, ada yang 2 minggu, itu tidak benar. Karena kita masih menunggu informasi tertulis dari pihak Arab Saudi,” kata Mahmud.

Diakuinya, kebijakan untuk menutup ibadah umrah oleh pemerintah Arab Saudi dalam waktu yang belum ditentukan, memang memicu kekhawatiran akan berimbas pada pelaksanaan ibadah haji di tahun 2020.

“Penutupan ini kan justru dilakukan untuk mengantisipasi jamaah yang lebih besar yakni pelaksanaan ibadah haji. Kalau umrah kan bisa saja ditunda di lain waktu tapi haji kan sudah ada waktunya. Jangan sampai ini nantinya akan merembet hingga ke pelaksanaan ibadah haji,” katanya lagi.

Ia pun berharap polemik wabah virus corona ini cepat selesai sehingga tidak akan mengganggu hingga waktu pelaksanaan ibadah haji.

“Mari sama-sama berdoa semoga musibah ini tidak akan berlangsung lama hingga pelaksanaan haji tiba,” tandasnya. (Jeff)

Fakta Sejarah Penutupan Haji: