UNBITA Cikal Bakal Penggerak Forum Komunikasi Mahasiswa Lintas Agama dan Toleransi Keberagaman

UNBITA Cikal Bakal Penggerak Forum Komunikasi Mahasiswa Lintas Agama dan Toleransi Keberagaman

17/11/2021 23:24 0 By Syakir

Dialog keberagaman yang digelar UNBITA Gorontalo, Selasa (16/11/2021).

Hulondalo.id – Untuk pertama kalinya, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Bina Taruna (UNBITA) Gorontalo menggelar dialog yang bertema toleransi beragama dan keberagaman. Beragam apresiasi diberikan kepada mereka.

Dialog bertema toleransi memang cukup mengejutkan para narasumber yang hadir di Unbita, Selasa (16/11/2021). Karena, biasanya dialog seperti itu hanya digelar oleh Ormas atau organisasi pemuda lainnya di luar kampus.

Muchlis Huntua misalnya, Ketua Forum Pemuda Lintas Agama (Formula) itu mengatakan, kalau BEM Unbita cerdas melihat peluang.

“Saya berharap melalui dialog dapat melahirkan Forum Komunikasi Mahasiswa Lintas Agama yang memiliki legal standing dan mungkin yang pertama ditingkat kampus itu dibentuk di UNBITA,” ujarnya

Apresiasi serupa juga ditunjukkan Rektor UNBITA, Ellys Rachman, yang sedari awal mengikuti kegiatan tersebut hingga selesai. Bahkan, dirinya merespon positif pembentukan Forum Komunikasi Mahasiswa Lintas Agama yang bisa dimulai dari UNBITA.

“Saya berharap agar mahasiswa dapat membangun nilai-nilai toleransi dari diri sendiri, berdamai dengan diri sendiri dan setelahnya menjangkau lingkungan sekitar (keluarga) atau lingkungan yang lebih luas (Masyarakat),” tuturnya.

Sebelumnya, BEM UNBITA menggelar dialog yang mengangkat tema “Merawat toleransi demi kerukunan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama”. Kegiatan ini adalah untuk peringati Hari Toleransi Internasional

dengan menghadirkan pembicara seperti Danrem 133/Nani Wartabone yang diwakili langsung oleh Kasi Intel Korem 133/Nani Wartabone, Ketua Forum Komunikasi Pemuda Lintas Agama (Formula) Muchlis Che Huntua, serta Rektor Unbita, Dr. Hj. Ellys Rachman. (adv/prin)