Unbita Gorontalo & KSSS Jalin Kerjasama, Ellys: Wujud Pengabdian pada Masyarakat

Unbita Gorontalo & KSSS Jalin Kerjasama, Ellys: Wujud Pengabdian pada Masyarakat

16/09/2021 15:00 0 By Maman

Rektor Unbita dan KSSS

Rektor Unbita Gorontalo, Dr. Hj. Ellys Rachman saat menerima pengurus KSSS. (foto:hms)

Hulondalo.id – Kerjasama dijalin Universitas Bina Taruna (Unbita) Gorontalo dengan pelaku UMKM Koperasi Segala Sagela Sejahtera (KSSS). Sinergi dan kerjasama ini kata Rektor UNBITA Gorontalo, Dr. Hj. Ellys Rachman, diantara wujud pengabdian pada masyarakat oleh kampus pelopor inovasi.

Mengawali kerjasama tersebut, sejumlah pengurus KSSS didampingi District Facilitator NSLIC/NSELRED Gorontalo, Sri Dewi. J Biahimo menggelar pertemuan dengan Rektor UNBITA, Dr. Hj. Ellys Rachman, di ruang rapat Kampus Unbita Gorontalo Kota Gorontalo, Rabu (15/09/2021).

Dari pertemuan tersebut, disepakati tiga ruang lingkup kerja sama. Pertama, mendirikan klinik bisnis sebagai tempat konsultasi seputar dunia bisnis, khususnya UMKM. Kedua, mendirikan ruang galeri untuk display produk-produk UMKM. Dan, ketiga program pengusaha masuk kampus.

Nantinya para pelaku usaha akan menjadi pengajar atau dosen tamu di UNBITA, termasuk memberikan konsultasi seputar bisnis UMKM.

Rencana kerjasama itu disambut baik Rektor Ellys. Menurutnya, kerjasama dan sinergi tersebut salah satu dari wujud program pengabdian kepada masyarakat dari kampus pelopor inovasi.

“Kami melihat UMKM adalah sebuah wadah yang harus menjadi mitra kampus. Sebagai lembaga pengabdian masyarakat, kampus sangat-sangat menginginkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat yang lebih luas,” kata Rektor.

Sementara itu, Ketua KSSS, Warda Abdul Azis mengungkapkan, kerjasama dengan UNBITA merupakan langkah untuk memperluas peluang pasar, dan mengenalkan produk UMKM secara lebih luas.

“Selaku pelaku usaha, kerjasama ini sangat membantu kami untuk mengenalkan produk melalui UNBITA sampai keluar daerah, bahkan mungkin bisa keluar negeri,” ungkap Warda.

Sebagai tindak lanjut dari pertumuan tersebut, dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan kesepahaman antara KSSS dan Universitas Bina Taruna Gorontalo. (Prin/Rls)