UNBITA Gorontalo-Unsrat Manado Jalin Kerjasama, Kembangkan SDM Bidang Insinyur

UNBITA Gorontalo-Unsrat Manado Jalin Kerjasama, Kembangkan SDM Bidang Insinyur

27/06/2021 13:13 0 By Maman

Sosialisasi PSPPI UNBITA Gorontalo

PW PII Provinsi Gorontalo menggelar sosialisasi Program Studi Profesi Insinyur (PSPPI) di kampus UNBITA Gorontalo. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Universitas Bina Taruna (UNBITA) Gorontalo melalui Pengurus Wilayah Persatuan Insinyur Indonesia (PW PII) Provinsi Gorontalo, membangun kerjasama dengan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang profesi keinsinyuran.

Kerja sama tersebut, dirangkaikan dengan sosialisasi Program Studi Profesi Insinyur (PSPPI) yang dilaksanakan PW PII, Provinsi Gorontalo. Sosialisasi ini dibuka Ketua PW PII, Ir. H. Darda Daraba, yang juga Sekda Provinsi Gorontalo, di Aula Lantai 1 UNBITA Gorontalo, Sabtu (26/6/2021).

Darda mengatakan, profesi keinsinyuran membutuhkan sertifikasi dari provinsi, yang pada dasarnya harus memiliki gelar sarjana insinyur. Ini sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 11 Tahun 2014, tentang keinsinyuran yang mengatur penyelenggaraan program studi.

“Kami juga akan menyosialisasikan pada seluruh instansi pemerintah,” ungkap Darda.

Sementara itu, Ketua Badan Pelaksana Harian Yayasan Bina Taruna Gorontalo, Dr. Ir. H. Azis Rachman, yang juga Wakil Ketua PW PII Provinsi Gorontalo mengatakan, Fakultas Teknik dan Sains UNBITA bersama PII Provinsi Gorontalo, telah menjadi mitra dalam rangka penguatan SDM dibidang keteknikan.

Sehingganya Dr. Ir. Azis berharap, lulusan Sarjana Teknik UNBITA dan Perguruan Tinggi lainnya, dapat mengikuti program profesi untuk memperoleh gelar insinyur dan Sertifikat Tanda Registrasi Insinyur (STRI).

“STRI merupakan syarat untuk melakukan praktek-praktek keinsinyuran sesuai amanah Undang-undang Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Keinsinyuran,” tutur Dr. Ir. Azis Rachman.

Hadir pula dalam sosialisasi tersebut, Sekretaris PW PII, Achmad Bagulu, dan KORPRODI PSPPI Pascasarjana UNSRAT Manado, Dr. Ir. Audie L.E. Rumayar, M.Eng., IPU, ASEAN.Eng. (Prin/Adv)