UNBITA Sukses Gelar Webinar Nasional Pengelolaan BUMDes

UNBITA Sukses Gelar Webinar Nasional Pengelolaan BUMDes

07/07/2021 23:00 0 By Maman

Webinar Nasional UNBITA Gorontalo 2021 (1)

Suasana pelaksanaan Webinar Nasional yang digelar UNBITA Gorontalo. (foto:hms)

Hulondalo.id – Universitas Bina Taruna (UNBITA) Gorontalo bekerja sama dengan Ahli dan Dosen Republik Indonesia Provinsi Gorontalo, sukses menggelar Webinar Nasional dengan tema, Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam mewujudkan Desa Mandiri melalui kemitraan Kampus Inovasi.

Rabu (7/7/2021) Webinar Nasional ini, dibuka langsung Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XVI, Prof. Dr. Ir. Mahluddin Baruwadi.

Pembicara utama dalam webinar ini antara lain, Perwakilan Kementerian Desa, Direktur Pengembangan Usaha, Drs. Nugroho Setijo Nagoro, yang mngagkat materi “Upaya Pemerintah Pusat dalam mendorong pengembangan Desa melalui program BUMDes untuk mewujudkan Desa mandiri dan inovatif”.

Rektor UNBITA Gorontalo, Dr. Hj. Ellys Rachman mengatakan, webinar nasional ini merupakan program UNBITA dalam membangun kolaborasi kemitraan dengan pemerintah dan sektor lainya. Tujuan kata Ellys, sebagai wujud tridharma perguruan tinggi, yakni pengabdian pada masyarakat serta merupakan wujud taggung jawab perguruan tinggi, pada persoalan pengelolaan BUMDes di daerah.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat baik untuk Perguruan Tinggi itu sendiri, Pemerintah pusat sebagai perumus kebijakan, Pemerintah daerah sebagai pelaksana kebijakan, Masyarakat sebagai penerima kebijakan atau sasaran serta pihak swasta sebagai mitra usaha masyarakat atau Bumdes itu sendiri,” ujar Dr. Ellys yang uga membawakan materi dengan tema, “Peran Perguruan Tinggi dalam membangun kemitraan bersama pemerintah dalam mewujudkan kemandirian Desa Melalui BUMDes”.

Dr. Ellys juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, yang telah mengambil bagian untuk terlibat dalam suksesnya kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah XVI, Prof. Dr. Ir. Mahluddin Baruwadi mengatakan, webinar nasional merupakan kegiatan penunjang kemajuan BUMDes, terutama dengan adanya kerjasama dengan perguruan tinggi.

“Mudah-mudahan sinergi ini dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi, dan juga keberhasilan kegiatan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar dan pemerataan ekonomi di Desa,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, UNBITA Gorontalo juga menggandeng Pemkab Gorontalo Utara, sebagai mitra. Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu menjadi pembicara pada kegiatan tersebut dengan materi “Strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara dalam mewujudkan kemandirian Desa melalui BUMDes”. (Prin/Adv)