UNG Hadir Dampingi Desa; Permasalahan Dipotret, Dikaji dan Beri Solusi

UNG Hadir Dampingi Desa; Permasalahan Dipotret, Dikaji dan Beri Solusi

19/09/2020 18:54 0 By Yadin

Rektor UNG menandatangani prasasti Desa Banuroja sebagai desa Pancasila.

Hulondalo.id – Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, ST. MT ikut hadir dan menandatangani prasasti Desa Banuroja yang ditetapkan sebagai Desa Pancasila bersama Mendes PDTT, Kepala BNPT, dan Wakil Kepala BPIP, Sabtu (19/9/2020).

Eduart tak datang sendiri, melainkan ikut memboyong jajarannya datang langsung ke Desa Banuroja, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, yang di awal tahun 2020 lalu, UNG dan Pemkab Pohuwato telah mencanangkan desa tersebut sebagai Desa Pancasila.

Kata Eduart, kehadiran UNG dalam mendampingi desa yang ada di kawasan teluk Tomini dan Indonesia timur bagian utara dalam rangka lebih membumikan ilmu pengetahuan yang dipelajari dan dikaji di kampus agar bisa terasakan langsung dampaknya di masyarakat.

“Sehingga problematika permasalahan yang ada di desa itu, bisa langsung kami potret dan langsung kami kaji termasuk alternatif solusi pemecahannya dan arah pengembangannya sesuai potensi desa seperti apa,” jelas Eduart di hadapan para undangan yang hadir pada launching Forum Pemuka Masyarakat Cinta Desa (Forpeace) di Desa Banuroja.

Eduart menambahkan, untuk mensupport kegiatan ini, setelah dikukuhkan kelompok kerja desa, maka dibentuk Akur desa atau Akademi Kerukunan Desa.

“Kenapa ini penting, agar masyarakat Indonesia bisa mencontoh bahwasanya ada kawasan di daerah Timur, ternyata sudah mengedepankan, menjalankan nilai-nilai luhur Pancasila,” ungkapnya.

Itu bisa dibuktikan lanjut Eduart, di kawasan ini dalam kurun waktu 30 tahun tidak terdapat catatan kriminalisasi di Polsek terdekat. (din)