UNG Matangkan Kajian Dampak Sosial Ekonomi dan Mitigasi Penanganan Pandemi Covid-19

UNG Matangkan Kajian Dampak Sosial Ekonomi dan Mitigasi Penanganan Pandemi Covid-19

15/12/2020 22:15 0 By Alex

UNG Pokja Desa


Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNG, Prof Karmila Machmud saat memaparkan hasil penelitian Kajian Dampak Sosial Ekonomi dan Mitigasi Penanganan Pandemi Covid-19 di wilayah Suluttenggo, Selasa (15/12/2020).

Hulondalo.id – Tim Kelompok Kerja (Pokja) Desa, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi (Balilatfo), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memaparkan hasil penelitian Kajian Dampak Sosial Ekonomi dan Mitigasi Penanganan Pandemi Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) di Hotel TC Damhil Universitas Negeri Gorontalo, Selasa (15/12/2020)

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNG, Prof Karmila Machmud MA PhD mengatakan, hasil penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi keilmuan yang bisa menjadi referensi untuk sains dan kemanusiaan di wilayah Suluttenggo.

“Penelitian ini menghasilkan beberapa rekomendasi, terutama model desa tangguh Covid-19 yang direkonstruksi berdasarkan khas 3 provinsi yang ada di Teluk Tomini penanganan dan pengendalian di kawasan ini mungkin akan berbeda dengan daerah lain seperti pada daerah Jawa,” kata Karmila.

Lebih lanjut Karmila menjelaskan, sebelumnya penelitian yang dilaksanakan 2 pekan lalu dilaksanakan pada 7 desa di 3 provinsi yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Sementara itu, Kepala Puslitbang Balilatfo, Kemendes PDTT, Sumarlan berharap hasil kajian penelitian yang talah dilaksanakan dapat memperkuat hasil penelitian-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.

“Hasil penelitian ini memberikan warna tersendiri dalam memberikan aturan dan kebijakan yang ada di Kementerian Desa PDTT,” kata Sumarlan.(adv/Mg01)