UNG Siap Terjunkan Tim Riset Dukung Pariwisata Gorontalo Mendunia

UNG Siap Terjunkan Tim Riset Dukung Pariwisata Gorontalo Mendunia

16/10/2020 21:05 0 By Alex

Pariwisata Gorontalo

Rektor UNG Eduart Wolok bersama jajaran Pemerintah Provinsi Gorontalo membicarakan dukungan riset terhadap pariwisata Gorontalo, Kamis (15/10/2020).

Hulondalo.id – Universitas Negeri Gorontalo (UNG) siap memberi dukungan kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam rangka mendorong pariwisata yang mendunia.

Hal itu terungkap saat pertemuan antara Rektor UNG Eduart Wolok, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan (Bapppeda) Provinsi Gorontalo Budiyanto Sidiki, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifki Katili dan unsur terkait lainnya, di ruang kerjanya, Kamis (15/10/2020).

Terungkap dukungan yang dimaksudkan tersebut dalam bentuk riset untuk mengetahui sejauh mana permasalahan, hambatan sekaligus menggali potensi hingga pola pengembangan pariwisata di Gorontalo.

Rektor UNG Eduart Wolok pun menyambut baik kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Gorontalo. UNG, kata Eduart, akan terus mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian masyarakat, termasuk di sektor pariwisata.

“Saat ini pun kami sedang fokus pada pengembangan ekonomi desa sepanjang pesisir Teluk Tomini. Ini mencakup pengembangan sektor perikanan, pariwisata dan ekonomi masyarakat,” ujar Eduart.

Sebelumnya, Kepala Bapppeda Budiyanto Sidiki mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang juga telah dicantumkan dalam RPJMD. Olehnya, pariwisata ditargetkan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Gorontalo baik selama maupun setelah pandemi Covid-19.

“Itulah sebabnya mengapa kita membutuhkan riset dalam pengembangan sektor pariwisata agar lebih mendunia. Riset sangat penting mengetahui permasalahan, hambatan, potensi dan pola pengembangan seperti apa yang pas untuk kita terapkan,” kata Budiyanto.

Saat ini Pemerintah Provinsi Gorontalo tengah menginisiasi Geopark Gorontalo di mana di dalamnya ada 17 geosite potensial untuk dikembangkan.

Keterlibatan UNG mengidentifikasi geosite, lanjut Budiyanto, akan sangat membantu untuk menentukan kebijakan dan strategi pengembangan pariwisata di masa yang akan datang.

Senada juga diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata, Rifli Katili. Saat ini pihaknya tengah mengembangkan pariwisata berbasis digital dengan potensi destinasi wisata alam, bahari dan budaya Gorontalo.

Komitmen ini didukung dengan memacu pembangunan infrastruktur penunjang baik aksesibilitas, atraksi maupun amenitas kawasan.

Selain itu, Dinas Pariwisata juga terus meningkatkan kapasitas SDM menuju Gorontalo Smart Tourism. Selain dukungan riset, keterlibatan akademisi kampus juga dipandang signifikan untuk mempromosikan pariwisata Gorontalo.(adv/alex)