Universitas Terbuka Gelar Gebyar Event Virtual Season 2 di Gorontalo

Universitas Terbuka Gelar Gebyar Event Virtual Season 2 di Gorontalo

07/11/2021 22:19 0 By Maman

UT Gebyar Event Virtual

Direktur UPBJJ-UT Gorontalo, Andi Suci Anita saat membuka dan memberikan sambutan pada pembukaan Gebyar Event Virtual Season 2. (foto:hms)

Hulondalo.id – Dalam rangka menyambut Hari Pahlawan Nasional 10 November 2021, Universitas Terbuka (UT) di Gorontalo telah menyelenggarakan Gebyar Virtual Event selama 2 hari berturut–turut.

Momen ini diambil UT untuk mengenang dan memperingati jasa para pahlawan, dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan memberikan kesempatan kepada kaum muda (putra-putri) Gorontalo, menunjukkan bakat dan potensi mereka melalui beberapa cabang lomba yang telah disediakan.

Cabang lomba yang diperlombakan merupakan lomba yang menuntut kreativitas, kekompakan, dan kepercayaan diri peserta. Gebyar Virtual Event kali ini memperlombakan cabang lomba UT Idol, TikTok Challenge, Catur Online, dan  Mobile Legends.

Pelaksanaan kegiatan tersebut pada 6–7 November 2021 dari Kantor UPBJJ UT–Gorontalo, dan disiarkan langsung melalui kanal Youtube UT Gorontalo. Antusias masyarakat, khususnya kaum muda yang ada di Gorontalo dalam mengikuti lomba ini, terlihat dari begitu banyaknya jumlah peserta atau tim yang mendaftar pada kegiatan tersebut.

Walaupun kegiatan ini mengusung konsep virtual event atau sifatnya daring, namun terpantau perlombaan berlangsung sangat seru. Para peserta memiliki semangat tinggi dan menunjukkan persaingan yang sehat, dalam memperebutkan hadiah perlombaan.

Konsep virtual event ini tentunya sejalan dengan digital learning ecosystem yang dimiliki UT. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Gorontalo, dapat lebih mengenal dengan teknologi digital, lebih khusus teknologi digital dalam pembelajaran pendidikan tinggi.

Pentingnya penguasaan teknologi digital merupakan modal awal untuk menyambut era society 5.0 kedepan, mengingat persaingan skala global yang begitu terbuka bagi masyarakat Indonesia umumnya dan Gorontalo khususnya.

Berbicara teknologi digital pada pembelajaran pendidikan tinggi atau umum, dikenal dengan kuliah daring dengan bantuan media digital. Di UT bukan hal baru lagi, karena jauh sebelum adanya pandemi Covid-19, UT sudah menerapkan konsep perkuliahan dengan modus fully online.

Konsep tersebut memberikan kesempatan dan pengalaman yang luarbiasa bagi mahasiswa, sehingga mereka dapat merasakan bagaimana layanan pendidikan yang berkualitas, fleksibel, dan terjangkau.

Harapannya, setelah kegiatan ini para peserta baik yang meraih juara maupun finalis, tetap berkarya dan belajar lebih dalam meningkatkan potensi dan kemampuan yang mereka miliki, sehingga kedepan dapat berperan lebih dalam membangun Negara Indonesia.

Selain itu, secara umum akan semakin banyak masyarakat yang peduli dan sadar bahwa pentingnya untuk mengambil pendidikan ke jenjang Universitas. Karena hal tersebut, satu dari banyak bukti nyata bagi generasi saat ini dalam melanjutkan jasa para pahlawan. (Adv)