Universitas Terbuka Siap Mencetak Tenaga Arsiparis Propinsi Gorontalo

Universitas Terbuka Siap Mencetak Tenaga Arsiparis Propinsi Gorontalo

10/06/2021 13:14 0 By Syakir


Hulondalo.id – Minimnya tenaga arsiparis di Provinsi Gorontalo, mendorong Arsiparis Ahli Madya dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Propinsi Gorontalo; Drs. Yahya Dj. Ichsan, MA dan Dr. Alwaritz Nggile, SP., bersilaturahmi ke Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi satu-satunya yang memiliki Program Studi DIV Kearsipan di Gorontalo.

Dalam kesempatan tersebut, Yahya menyampaikan bahwa, latar belakang Pendidikan SDM Kearsipan dan Perpustakaan di Gorontalo sangat beragam dan belum terkonsentrasi pada kearsipan.

Oleh karena itu diharapkan agar UT dapat membantu penyediaan kebutuhan SDM atau lulusan di bidang kearsipan. Selain itu di tingkat Provinsi hal yang sama juga perlu dilakukan diseluruh kabupaten dan kota di Provinsi Gorontalo.

Menyambut silaturahmi Para Arsiparis Gorontalo, Direktur UT Gorontalo, Andi Suci Anita, MP., mengaku siap membantu Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Gorontalo, karena memang UT diamanatkan negara untuk meningkatkan SDM.

Direktur menjelaskan bahwa, Akreditasi DIV Kearsipan UT saat ini adalah A, sehingga secara kualitas sudah diakui. Selain itu, status UT sebagai PTN mampu memberikan akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

Hampir semua instansi dan lembaga membutuhkan pengelola arsip dinamis dan arsip statis, pembinaan kearsipan, serta pengelolaan dan penyajian arsip menjadi informasi. Sedikitnya tenaga profesional dibandingkan banyaknya kebutuhan tenaga kearsipan yang berkualitas, maka peluang profesi arsiparis sangat menjanjikan.

Ayo gabung bersama UT yang dapat menghasilkan lulusan program sarjana terapan bidang arsip yang mampu bersaing di dunia kerja. Pendaftaran mahasiswa baru s.d 11 Agustus 2021, www.sia.ut.ac.id atau datang ke Universitas Terbuka Gorontalo di Jl. Achmad Nadjamuddin. No. 27. Kota Gorontalo. Info lengkap dapat diakses melalui www.gorontalo.ut.ac.id atau media sosial UT Gorontalo, dan bisa menghubungi Pelma UT Gorontalo di 0821-8900-4878. (Adv)