Untuk Muslim Gorontalo: Shalat Jumat Diganti Shalat Dzuhur di Rumah

Untuk Muslim Gorontalo: Shalat Jumat Diganti Shalat Dzuhur di Rumah

25/03/2020 18:37 0 By Yadin

Tausiyah dari MUI Provinsi Gorontalo tertanggal 24 Maret 2020.

Hulondalo.id – Mulai pekan ini, umat Islam di Provinsi Gorontalo diimbau tidak lagi menyelenggarakan shalat Jumat berjamaah di masjid, namun menggantinya dengan shalat Dzuhur di rumah masing-masing.

Hal itu berdasarkan keputusan MUI Provinsi Gorontalo yang merujuk fatwa Majelis Ulama Indonesia tentang Penyelenggaraan Ibadah Dalam Situasi Terjadi Wabah Covid-19.

Ada beberapa hal yang menjadi tausiah atau pesan dari MUI Provinsi Gorontalo sehubungan dengan kondisi wabah Covid-19 saat ini diantaranya, takmirul masjid dan segenap umat Islam Gorontalo untuk tidak menyelenggarakan shalat Jumat dan para jamaah menggantikannya dengan shalat Dzuhur di rumah masing-masing.

Selain itu, takmirul masjid tidak menyelenggarakan shalat jamaah 5 waktu/ shalat rawatib, tidak menyelenggarakan kegiatan keagamaan atau perayaan hari besar Islam baik di masjid atau di tempat lain. Umat Islam juga diharapkan tidak keluar rumah kecuali untuk kebutuhan penting dan hal mendesak.

Keputusan MUI Provinsi Gorontalo itu telah ditandatangani oleh Ketua Abdurrahman Abubakar Bachmid, Lc tertanggal 24 Maret 2020. (yadin)