Upaya Eliminasi Penyakit Kusta, Bupati: Lokalisir Wilayah

Upaya Eliminasi Penyakit Kusta, Bupati: Lokalisir Wilayah

02/03/2021 00:28 0 By Maman

Sosialisasi Kusta Gorontalo Utara

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin saat menghadiri acara Sosialisasi dan Pencanangan Kemoprofilakasis Kusta, (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Lokalisir wilayah diminta Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, kepada Kepala Puskesmas, terhadap warga yang terkena penyakit kusta. Termasuk kata Bupati, membuat pamflet penyebab dan bagaimana mengatasi serta menghindari penyakit tersebut.

“Data yang saya lihat, ada 10 kasus atau 0,8%,” kata Bupati usai membuka Sosialisasi dan Pencanangan Kemoprofilakasis Kusta, di Graha Anbril Desa Moluo Kecamatan Kwandang, Senin (1/3/2021).

Bupati berharap, dari sosialisasi ini, penanganan penyakit ini di Gorontalo Utara bisa nol. Sebeba sebelumnya kata Bupati, Gorontalo Utara mendapatkan penghargaan dari Menteri Kesehatan, yang bisa mengeliminasi malaria dan kaki gajah.

Upaya serupa akan terus dilakukan, hingga nanti kusta dan penyakit 3 huruf, bisa tereliminasi, sehingga Gorontalo Utara bebas dari penyakit menular dan menahun.

Lokalisir ini diminta Bupati dapat dilakukan Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas. Ada pemetaan keluarga yang terkena, sehingga perhatian terarah ke tempat itu. Masyarakat juga diminta, tidak menjauhi keluarga yang terkena penyakit.

“Sebab, penyakit ini bisa disembuhkan, meski muncul lagi kasus atau model baru, teknologi dan medis yang ada sekarang, saya pikir ini bisa ditangani dengan baik, karenanya, kalau ada yang ciri-ciri yang sesuai dengan klaster penyakit ini, segera melapor ke puskes yang terdekat,” tukasnya. (Prin/Adv)