Urus Izin Usaha di Kabupaten Gorontalo Bisa dari Rumah

Urus Izin Usaha di Kabupaten Gorontalo Bisa dari Rumah

10/04/2021 21:29 0 By Maman

Bimtek Izin Usaha Online

Sekda Kabupaten Gorontalo, Hadijay U Tayeb saat membuka Bimtek Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik. (foto:kominfo)

Hulondalo.id – Pengurusan izin usaha di Kabupaten Gorontalo, semakin dipermudah oleh pemerintah daerah. Kemudahan ini diwujudkan dengan dilakukannya perbaikan sistem, sebelumnya manual, kini elektronik.

Namun sebelum sistem tersebut diterapkan, Dinas PTSP Kabupaten Gorontalo menggelar Bimtek Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, di Ballroom Hotel Maqna Gorontalo, Sabtu (10/4/2021).

“Ini upaya pemerintah mempermudah masyarakat dalam mendapatkan izin usaha, utamanya pelaku UMKM,” kata Sekda.

Bimtek ini juga kata Sekda, memberikan pemahaman kepada peserta, terkait pengurusan izin usaha di Kabupaten Gorontalo. Pengurusan izin usaha kata Sekda lagi, dapat dilakukan dimana saja oleh setiap pelaku usaha.

“Dari rumah maupun di kantor, bahkan, pelaku usaha dapat mencetak sendiri surat izin yang diterbitkan secara online, jika persyaratan sudah lengkap, maka izin akan diterbitkan dengan tanda tangan elektronik,” ungkap Sekda.

“Saya berharap, kemudahan izin usaha ini dapat memulihkan ekonomi, UMKM banyak terdampak Covid-19,” harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas PTSP Kabupaten Gorontalo, Eman Kadir menuturkan, bimtek ini merujuk pada PP Nomor 24 Tahun 2018 Tentang, Pelayanan Perizinan Terintegrasi Secara Elektronik.

“Ini juga momentum bagi pemerintah dalam merefleksikan pelayanan perizinan di era digitalisasi dan globalisasi saat ini,” ujar Eman.

Perizinan berusaha terintegrasi secara online ini juga, merupakan perizinan berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga Online Single Submission (OSS).

“Pelaku usaha dapat mendaftar dan mengurus penerbitan izin usaha, penerbitan izin komersial dan atau operasional secara terintegrasi, sehingga pelayanan yang diberikan oleh PTSP menjadi lebih efisien,” pungkas Eman. (Pin/Adv)