Urus Perijinan di Gorontalo Utara, Bupati: Semua Lewat BPTSP

Urus Perijinan di Gorontalo Utara, Bupati: Semua Lewat BPTSP

23/02/2021 23:52 0 By Maman

Rakor Menko Perekonomian Perijinan

Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin mengikuti Rakor bersama Menko Perekonomian Perijinan melalui aplikasi zoom. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Seluruh proses perijinan di Gorontalo Utara, hanya dapat diperoleh melalui Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP). OPD lainnya kata Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, tidak diperkenankan menerbitkan ijin lagi.

“Intinya adalah, saat ini pengurusan ijin usaha di daerah dilakukan secara online berupa, Single Sunmission (OSS)” ungkap Bupati Usai Rakor dan Sosialisasi tindak lanjut PP Nomor 6 Tahun 2021, Tentang Penyelenggaraan Perijinan Berusaha, bersama Menteri Perekonomian, Airlangga Hartarto, di ruang Tinepo Kantor Bupati Gorontalo Utara, Selasa (23/2021).

Dengan demikian kata Bupati, maka OPD lainnya, tidak boleh lagi mengeluarkan ijin sendiri. Nantinya, seluruh perijinan yang keluar di daerah bisa dikendalikan.

Jika daerah tidak menjalankan ini secara berjenjang kata Bupati, akan ada teguran. Bahkan kata Bupati, ancamannya cukup kuat ketika Kabupaten/Kota tidak melaksanakan ini. Perijinan bisa diambil alih oleh Provinsi.

“Begitu juga jika Provinsi tidak menjalankan, maka pemerintah pusat yang mengambil tugas itu, kita punya kewenangan masing-masing,” ungkap Bupati.

Bupati juga menambahkan, proses sebenarnya sudah berjalan di Gorontalo Utara. Namun kini ada pengembangan baru, berupa sistem OSS tersebut, termasuk ketentuan baru untuk pengembangan sistem tersebut.

“Sehingga, masing-masing daerah tahu persis apa yang menjadi kewenangannya, tidak saling tumpang tindih dalam perijinan,” pungkasnya. (Prin/Adv)