Usai Dilantik, Ini yang Didelegasikan Hamim Kepada Merlan Uloli

Usai Dilantik, Ini yang Didelegasikan Hamim Kepada Merlan Uloli

27/02/2021 00:47 0 By Jeffry

Bupati Bonebol Hamim Pou delegasikan 11 kewenangan kepada Wakil Bupati Merlan Uloli.(F.AKP)

Hulondalo.id – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie secara resmi melantik Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango (Bonebol) terpilih yakni Hamim Pou dan Merlan Uloli.

Usai dilantik, Bupati Bonebol Hamim Pou pun langsung menggelar apel perdana di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Bonebol, Jumat (26/2/2021).

Turut hadir dalam kesempatan itu, Sekda Bonebol Ishak Ntoma, para Asisten, Stah Ahli Bupati, Tim Kerja Bupati, pimpinan OPD dan para Camat.

Dalam sambutannya, Hamim menyampaikan siap berkolaborasi dengan wakil bupati Merlan Uloli untuk berbagi tugas dan tanggung jawab guna percepatan pembangunan dan realisasi visi dan misi pada 5 tahun yang akan datang.

“Saya delegasikan tugas dan wewenang Bupati kepada Wakil Bupati untuk percepatan pembangunan dan realisasi visi misi 5 tahun yang akan datang,” kata Hamim.

Total ada 11 kewenangan yang diberikan Hamim kepada Merlan Uloli. Salah satunya yaitu, melakukan pendisiplinan bagi ASN, tenaga honor maupun tenaga kontrak yang membuat pelanggaran saat bertugas.

“Mulai sekarang masalah ini adalah kewenangan penuh dari Wabup. Silahkan mau diganti, dipindahkan atau di non job, itu terserah wabup, karena Bonebol tidak boleh dibuat sesuka hati, harus disiplin, tertib dan taat aturan tapi juga harus berinovasi” ujarnya.

Adapun 11 kewenangan tersebut meliputi, penegakan ketertiban umum, penertiban perizinan dan pengaturan tata ruang wilayah, perlindungan perempuan dan anak dan pengarusutamaan gender, pengawasan penyelenggaraan percepatan konsepsi stunting, pemantauan kebersihan dan keindahan tata kota.

Selanjutnya, penegakkan disiplin ASN, Tenaga Kontrak dan Aparat Desa, pengawasan dan tata kelola aset daerah, penajaman dalam peningkatan PAD, perjanjian dan kerja sama, pengawasan capaian kinerja makro kepala daerah yang meliputi SAKIP, LPPD, Kemiskinan, Kota Layak Anak, Kota Kreatif, dan WTP, serta membantu mengawasi dan memastikan seluruh janji politik HP-MU berjalan dengan baik.(Jeff/Adv)