Usman Hulopi: Orang Gorontalo Jangan Malu Berbahasa Daerah

Usman Hulopi: Orang Gorontalo Jangan Malu Berbahasa Daerah

18/02/2020 20:21 0 By Syakir

Anggota DPRD Bone Bolango, Usman Hulopi

Hulondalo.id – Generasi muda Gorontalo saat ini cenderung malu berbahasa Gorontalo.  Padahal jika kita lihat di daerah lain seperti Makassar, Jawa, Papua dan Maluku, anak muda di sana lebih suka menggunakan bahasa daerah dalam pergaulan sehari hari karena lebih menunjukkan keakraban dan kekeluargaan.

Contoh di Kabupaten Bone Bolango kita kenal memiliki 3 (tiga) bahasa daerah yakni bahasa Suwawa, Bahasa Gorontalo serta bahasa Bulango.

Akan tetapi saat ini hampir tak dijumpai lagi oarng yang menggunakan bahasa Wuwawa dan bahasa Gorontalo. Bahkan bahasa daerah seakan asing di daerah sendiri.

Hal ini membuat prihatin anggota DPRD Bone Bolango dari Partai Amanat Nasional, Usman  Hulopi. Menurutnya, bahasa daerah seharusnya menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, dan keberadaannya harus menjadi sebuah kekuatan besar untuk tetap menjaga persatuan.

“Pemerintah harus dapat merawat dan melestarikan ketiga bahasa yang ada di Kabupaten Bone Bolango, yang dikhawatirkan ketiga bahasa tersebut akan menjadi asing di daerah sendiri” ungkap Usman Hulopi. (man)