Vaksin Covid-19 bagi Siswa, SLB Kota Gorontalo Minta Kebijakan Khusus

Vaksin Covid-19 bagi Siswa, SLB Kota Gorontalo Minta Kebijakan Khusus

10/09/2021 19:11 0 By Maman

Nikma B Ismula

Kepala SLB, Kota Gorontalo, Nikma B. Ismula, saat diwawancarai oleh Hulondalo.id. (F.Inkri)

Hulondalo.id – Kebijakan khusus diminta dapat diberikan kepada para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Kota Gorontalo, terhadap pelaksanaan vaksin Covid-19 bagi siswa.

“Kalau boleh, siswa di SLB tidak divaksin, sebab, orang tua siswa penyandang disabilitas ini takut anak-anak mereka memiliki penyakit bawaan, para siswa disini tuna netra, tuna rungu, tuna grahita, dan autis,” ungkapnya, kepada Hulondalo.id, Jum’at (10/9/2021).

Nikma juga menjelaskan, dari 123 siswa berusia 12-17 tahun, yang setuju divaksin itu sebanyak 8 siswa. Selebihnya kata Nikma, sudah menyatakan tidak setuju. Dan hingga kini, siswa yang telah divaksin itu baru 2 siswa. Disekolah ini ada 3 jenjang yakni, SDLB, SMPLB dan SMALB. Dari 225 siswa total keseluruhan, 102 siswa diantaranya belum masuk kategori untuk divaksin.

Pihak sekolah kata Nikma lagi, sudah berupaya mendatangi rumah masing-masing siswa, meminta persetujuan orang tua. Hingga kini, hanya 8 orang yang ingin divaksin karena dengan keterbatasan itu. Sekolah juga selalu menyosialisasikan vaksinasi kepada orang tua siswa.

“Orang tua agak khawatir, ketika anak-anak divaksin Covid-19, jadi, kami berharap ada kebijakan khusus kepada kami untuk segera belajar tatap muka,” ujarnya.

Dia menambahkan, tahap kedua untuk PTM terbatas, semoga SLB ini bisa tercover. Sebab kata Nikma, belajar daring agak sulit dilakukan, dan juga akses ke rumah siswa sangat jauh.

“Guru di SLB ada 70 guru, 56% diantaranya sudah divaksin, sebab banyak guru SLB yang memiliki penyakit bawaan, itu yang menjadi kendala kita,” tandasnya. (Inkri/HL)