Vaksinasi Covid-19, Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo Datangi Puskesmas Tilango

Vaksinasi Covid-19, Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo Datangi Puskesmas Tilango

24/02/2021 19:55 0 By Maman

Komisi IV DPRD Prov Gorontalo Puskesmas Tilango

Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo dalam agenda kunjungan kerja di Puskesmas Tilango. (foto:inkri)

Hulondalo.id – Kunjungan dilakukan Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo di Puskesmas Tilango. Banyak hal disampaikan dalam kunjungan ini, sekaligus mengecek perkembangan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Kesehatan (Nakes).

Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Gorontalo, La Ode Haimudin mengatakan, nakes di Puskesmas Tilango sudah menyatakan kesiapannya untuk disuntik vaksin Covid-19. Karenanya La Ode meminta,  vaksinasi Covid-19 untuk nakes ini, sudah mencapai di atas 30%.

“Di puskesmas ini juga kami melihat, sarana prasarana penyimpanan vaksin sudah cukup memadai,” ungkapnya, Rabu (24/2/2021).

Politisi PDIP ini menuturkan, kedepan perlu ditindaklanjuti terkait kebijakan Kementerian Kesehatan RI bahwa, untuk Tracing dan Tracking Covid-19 bisa di puskesmas. Bahkan kata La Ode, puskesmas nantinya bisa melakukan rapid tes antigen.

“Hanya saja di Gorontalo ada kendalanya, tidak semua puskesmas bisa melaksanakan antigen tersebut, karena keterbatasan tenaga kesehatan dibidang analyze,” tutur La Ode.

Terpisah, Kepala Puskesmas Kecamatan Tilango, Emsthiwaty T. Hiola menjelaskan, dari 62 nakes di puskesmas ini, 25 nakes diantaranya sudah disuntik vaksin Covid-19. Tahap terakhir ini kata dia, akan mencapai 90%.

“Jum’at akan dilakukan vaksinasi tahap 2, dan semua harus melalui screening dokter,” tutupnya. (MG01/Adv)