Vaksinasi Nakes di Gorontalo Capai 34 Persen

Vaksinasi Nakes di Gorontalo Capai 34 Persen

05/02/2021 20:48 0 By Yadin

Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman.

Hulondalo.id – Vaksinasi untuk tenaga kesehatan ditargetkan selesai akhir Februari nanti. Saat ini, 5 kabupaten 1 kota masih terus melakukan vaksin.

Jika dipresentasikan, total nakes yang telah menjalani penyuntikan vaksin yakni 34 persen dari total 8 Ribu lebih nakes yang jadi target.

Dimulai dari Kabupaten Bone Bolango sekitar 70-an persen, Kabupaten Gorontalo 55 persen, dan Kota Gorontalo 53 persen. Untuk Kabupaten Gorut, Pohuwato dan Boalemo pelaksanaan vaksinasi baru saja dilakukan sehingga persentasinya baru mencapai 17 persen .

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman menyampaikan, ketersediaan vaksin di Provinsi Gorontalo masih cukup.

“Jika sudah kurang, maka akan dimintakan kembali ke Kementerian Kesehatan,” kata dr. Yana Jumat (05/02/2021).

Nah soal KIPI atau kejadian pasca imunisasi, Yana mengatakan hanyalah kejadian ringan saja.
“Contohnya seperti perasaan kantuk, nyeri di lokasi penyuntikan dan terasa lapar, dan itu sudah tertangani dengan baik,” ungkapnya.

Dia juga meluruskan perihal keluhan terkena Covid-19 pasca vaksinasi. “Itu terjadi bukan karena vaksinnya, karena vaksin tidak akan membuat seseorang terjangkit Covid. Vaksin hanya melemahkan dan mematikan virus. Itu terjadi karena orang tersebut sudah terjangkit kemudian tidak terdeteksi. Jika sudah seperti itu tidak akan dilanjutkan untuk vaksin dosis kedua, karena dianggap sudah punya imun terhadap Covid-19,” jelas Yana. (Mg-04/adv)