[Viral] Seorang Ibu Ikut ‘Diwisuda’ Gantikan Posisi Almarhum Putrinya  

[Viral] Seorang Ibu Ikut ‘Diwisuda’ Gantikan Posisi Almarhum Putrinya  

29/09/2020 20:30 0 By Syakir

Ibunda dari Almarhum Fina Paputungan, nampak menerima ijazah putrinya, pada wisuda di IAIN Sultan Amai Gorontalo, Selasa (29/9/2020).

Hulondalo.id – Kesedihan mendalam begitu terasa pada wisuda di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo, kala seorang ibu menjemput ijazah putri tercintanya, yang meninggal dunia gegara sakit.

Wisudawan itu bernama Fina Melinda Paputungan Sp.d, yang meraih predikat cumlaude dengan IPK 3,75. Sesaat menunggu dipanggil, nampak ibunda tercinta yang sudah bersiap di samping panggung sesekali terlihat menyeka air matanya.

Seisi gedung tak bisa menahan tangis, saat riwayat hidup Almarhum dibacakan dalam rapat senat rapat terbuka luar biasa IAIN Sultan Amai Gorontalo dengan agenda wisuda sarjana, di Aula Kampus II Limboto, Selasa (29/9/2020).

Ibunda Almarhum Fina, saat bersiap dipanggil untuk menerima ijazah.

Semasa hidupnya, Fina yang tercatat sebagai mahasiswa Prodi Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan itu dikenal sebagai sosok yang rajin dan sopan. Untuk angkatan 2016, Fina adalah mahasiswi pertama yang menyelesaikan revisi skripsi

Almarhum Fina mulai sakit, sekembalinya dari Kuliah Kerja Sibermas (KKS) pada bulan April 2020. Kendati begitu, Almarhum tetap semangat menyelesaikan skripsi, hingga pada bulan Agustus, dirinya pulang kampung di Kotamobagu, Sulut, untuk berobat.

Selama berobat, tercatat Almarhum sampai 3 kali masuk rumah sakit. Hingga akhirnya, 1 September 2020, Almarhum Fina menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Pobundayan.

Video detik detik sang bunda tercinta menjemput ijazah Almarhum pun viral. Berbagai ucapan belasungkawa, hingga doa dipanjatkan agar Almarhum dilapangkan kuburnya, dan diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa. (**)