Virus Corona, Dikes Provinsi Gorontalo Siapkan Posko 1 x 24 Jam

Virus Corona, Dikes Provinsi Gorontalo Siapkan Posko 1 x 24 Jam

27/01/2020 21:45 0 By Maman

Suasana rapat koordinasi seluruh kepala dinas kesehatan, direktur rumah sakit, pegawai kantor kesehatan pelabuhan se- Provinsi Gorontalo, di pimpin Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba, didampingi Plt Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole.

Hulondalo.id – Posko layanan 1 x 24 jam disiapkan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, menindak lanjuti virus corona. Langkah-langkah untuk penanganan juga telah disiapkan, sesuai instruksi Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sebelumnya.

Usai mengikuti rapat koordinasi bersama seluruh Kadis Kesehatan, Direktur Rumah Sakit, pegawai kantor kesehatan pelabuhan se Provinsi Gorontalo, Plt. Kadis Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole mengatakan, kewaspadaan dan berhati-hati dihimbau dapat dilakukan masyarakat.

“Meski belum ditemukan kasus Virus Corona di Indonesia dan di daerah-daerah, masyarakat tetap waspada dan berhati-hati, terus menjaga kesehatan tubuh,” ungkap Misranda, Senin (27/1/2020).

Sejumlah langkah untuk penanganan kata dia, juga telah dibahas bersama, khususnya memastikan kesiapan fasilitas layanan kesehatan, mulai dari rumah sakit, puskesmas, dan kantor kesehatan pelabuhan di Provinsi Gorontalo, terlebih dititik-titik masuk daerah perbatasan.

Posko layanan 1 x 24 jam yang telah disiapkan, untuk mendapatkan layanan informasi ataupun menanyakan tentang Virus Corona.

“Intinya tenaga kesehatan ataupun pihak di sektor kesehatan baik Provinsi Gorontalo maupun kabupaten/kota sudah siap untuk waspada secara dini terhadap virus ini, dengan melakukan simulasi bagaimana penanganan maupun pengobatan,” ucap Misranda.

Tidak hanya itu kata Misranda, para petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan telah membantu, dengan menyediakan peralatan mesin scanner yang ada di pelabuhan, juga infrared yang dijalankan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), dalam mencegah virus Corona  agar tidak masuk di Gorontalo.

“Paling penting, mari kita meningkatkan pola hidup bersih dan sehat, serta tidak panik atas isu-isu terkait Virus ini, namun tetap harus waspada dan antisipasi,” tutup Misranda. (Rinto/Adv)