Vtube Masih Masuk Daftar Investasi Ilegal Meski Diklaim Sedang Urus Izin

Vtube Masih Masuk Daftar Investasi Ilegal Meski Diklaim Sedang Urus Izin

27/01/2021 12:48 0 By Alex

 

Vtube Ilegal SWI

Hulondalo.id – Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI), Tongam L Tobing kembali menegaskan bahwa Vtube masih masuk dalam daftar investasi ilegal.

Penegasan itu muncul setelah banyaknya klaim dari member Vtube soal pengurusan izin terhadap aplikasi yang dikembangkan PT Future View Tech tersebut.

Menurut Tongam, entitas yang telah masuk dalam daftar investasi ilegal tidak bisa dihapus, kecuali sudah ada surat normalisasi yang dikeluarkan SWI untuk perusahaan dimaksud.

“Vtube masih masuk dalam investasi ilegal. Vtube telah melakukan pengurusan izin sehubungan dengan kegiatannya,” kata Tongam, dikutip dari detik.com, Rabu (27/1/2021).

Sebelumnya diketahui, VTube merupakan sebuah aplikasi PT Future View Tech yang dirilis pada 15 April 2020. Vtube menjanjikan penghasilan kepada para member hanya dengan menonton video iklan dalam beberapa menit.

Para member VTube dimungkinkan akan mendapatkan penghasilan dengan menyelesaikan misi menonton video iklan dengan durasi yang telah ditentukan.

Dari situlah VTubers akan mendapatkan poin yang nantinya dapat ditukar dengan uang tunai yang akan ditransfer via rekening. Besarannya pun berbeda-beda dan ditentukan berdasarkan level tertentu.

Pada pendaftaran awal sebagai member pun gratis dan hanya bermodal kuota paket data. Namun setelah 40 hari menyelesaikan misi menonton video iklan, member VTube akan ditawarkan harus membeli paket Bintang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Dari penawaran inilah masuk ke ranah SWI karena ada pengumpulan dana dari masyarakat.

Selain itu, para member VTube juga akan ditawarkan untuk mencari member baru dengan program refferal untuk menambah keuntungan. Siapa yang mendapatkan member terbanyak, penghasilannya juga akan lebih besar.

Setelah SWI memasukkan Vtube dalam daftar investasi ilegal, izin atau Tanda Daftar Penyelenggaraan Sistem Elektronik dengan Nomor: 02376/DJAI.PSE/03/2020 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI sudah dihapus.

Artinya, Kominfo telah memblokir situs Vtube yang beralamatkan fvtech.id. Meski alamat situs itu masih bisa dilacak namun ketika diklik, langsung muncul laman peringatan kepada pengunjung.(Mg04)