Wabup Amin Berjuang di Pusat Demi Rumah Layak Huni

Wabup Amin Berjuang di Pusat Demi Rumah Layak Huni

05/03/2020 16:20 0 By Yadin

Wabup Amin menyambangi Kementerian PUPR yang diterima oleh Direktur Rumah Swadaya, Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Ir. Raden Johny Fajar Sofyan Subrata, MA.

Hulondalo.id –  Menjelang akhir masa pemerintahan SYAH, Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras kembali berjuang di pusat untuk mendapatkan bantuan BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya).

Didampingi Kadis Perkim, Anwar Sadat, Wabup Amin menyambangi Kementerian PUPR yang diterima oleh Direktur Rumah Swadaya, Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Ir. Raden Johny Fajar Sofyan Subrata, MA, Rabu (4/3/2020).

Dari hasil pertemuan itu, kata wabup, Pemkab Pohuwato tahun ini tengah mengusulkan pembangunan baru rumah swadaya berbasis komunal dan bantuan rumah untuk peningkatan kualitas.

“Ya, atas program itu saya datang untuk memastikan dan mengawalnya agar dapat diakomodir oleh Kementerian PUPR dalam hal ini Dirjen Perumahan Rakyat,” tutur wabup.

Untuk BSPS ini lanjut wabup, diusulkan 750 unit. “Usulan sekitar 750 unit yang tahap pertama sudah dilakukan verifikasi kemudian sisanya 500 unit akan menyusul pada tahap berikutnya. Kemudian untuk rumah peningkatan kualitas ada sekitar 900 unit yang alhamdulillah untuk tahap pertama 300 unit sudah mau dilaksanakan. Ini akan dikawal terus,” jelas Amin seraya mengatakan, ini adalah upaya pemda untuk memenuhi kebutuhan perumahan yang layak kepada masyarakat yang kurang mampu. Sebab masih ada sekitar 8 ribu warga yang membutuhkan rumah yang layak huni.

Anwar Sadat ikut menambahkan, usulan tersebut berupa pembangunan baru rumah swadaya yang berbasis komunitas dan bantuan rumah peningkatan kualitas.

Untuk peningkatan kualitas tersebar di beberapa desa berupa di Desa Dudeulo, Padengo, Molosipat (Kecamatan Popayato Barat), Desa Bunto, Maleo, Marisa, (Kecamatan Popayato Timur), Desa Bukit Harapan, Tuweya, Lembah Permai, Ipilo (Kecamatan Wanggarasi), yang masing-masing mendapat 20 unit.

“Peningkatan kualitas ini yang sudah pasti dan segera direalisasikan dalam waktu dekat,” jelas  Anwar. (yadin/adv)